Keistimewaan dan Keutamaan Hari Jumat

 
Keistimewaan dan Keutamaan Hari Jumat
Sumber Gambar: Unsplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

LADUNI.ID, Jakarta - adalah hari keenam dalam satu pekan. Kata Jumat diambil dari Bahasa Arab, Jumu'ah  (الجمعة) yang berarti beramai-ramai, diambil dari tata cara ibadah kaum Muslim yang dilakukan pada hari ini. Jumu'ah memiliki akar sama dengan Jama' yang berarti banyak dan juga Jima' yang artinya bergabung. Hari Jumat, hari istimewa yang diakui seluruh umat, terutama umat Islam yang bahkan menjalankan ibadah salat Jumat, tanda betapa istimewa hari ke-7 dari satu pekan itu.

Apa saja keistimewaan hari Jumat, berikut ini 8 Keistimewaannya sebagaimana dirangkum dari dokumen Sriwijaya Post serta berbagai sumber otentik.

"Hari Jumat hari paling istimewa, karena terdapat periswita yang melibatkan insan paling Agung dan hari paling istimewa di antara 7 hari lainnya," ujar Ustadz Atoillah, Mudir Ponpes Miftahul Huda.

1. Hari Paling Istimewa Dalam Setiap Pekan

Tanda istimewa hari Jumat bagaimana Allah mewajibkan setiap umat laki-laki sholat Jum’at. Bagaimana pada hari itu Islam memperlihatkan persatuan umat, yang tidak membedakan golongan dan status berkumpul dan duduk sejajar dalam satu masjid. Mengenai kebesaran Hari Jumat disampaikan melalu Sabda Rasulullah:
Ibnu Abbas berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Hari ini yaitu hari besar yang Allah tentukan untuk umat Islam, jadi siapa yang akan menghadiri shalat Jum’at sebaiknya mandi terlebih dulu. ” (HR. Ibnu Majah)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN