Cara Mengelola Harta Sesuai Tuntunan Syariat Islam

 
Cara Mengelola Harta Sesuai Tuntunan Syariat Islam

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum : Apa maksud HADITS 185 : MEMBANGUN BANGUNAN sbb :

من بنى بناء أكثر مما يحتاج إليه  كان عليه وبالا يوم القيامة .

MAN BANAA BINAA-AN AKTSARO MIMMAA YAHTAAJU ILAIHI KAANA 'ALAIHI WABAALAN YAUMAL QIYAAMAH.

Barangsiapa membangun sebuah bangunan melebihi keperluannya, maka kelak pada hari kiamat, bangunan tersebut akan menjadi mala petaka baginya. HR. Baihaqi dalam Mukhtarul Ahadits : 1177.

 

JAWABAN :

Wa'alaikum salam Wr Wb. Dalam mengelola harta sesuai syari'at, Hadits tersebut menjelaskan bahwa kita sebagai umat muslim tidak diperbolehkan berlebih-lebihan dalam hal apapun karena Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan terutama dalam hal mengkonsumsi dan mengelola harta.

Islam telah mengajarkan kita untuk senantiasa hidup sederhana dan sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang termaktud dalam QS Al-Araf : 31 : “ Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang belebihan".

Islam mengajarkan sikap seimbang dalam berbagai aspek kehidupan, begitu juga dalam mengeluarkan harta, yaitu tidak berlebihan dan kikir. Sebagai seorang muslim kita juga harus bisa mengatur pengeluaran dan mengutamakan pembelian barang pokok sehingga sesuai dengan tujuan syariat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN