Mensyukuri DiutusNya Ridwan.

 
Mensyukuri DiutusNya Ridwan.

Oleh: Dr. Sri Suyanta (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)

Muhasabah 7 Rabiul Awal 1440
Saudaraku, terdapat indikator umum, mengapa suatu toko, kedai, rumah makan, restoran, tempat-tempat tertentu ramai dan senang dikunjungi oleh banyak orang. Di samping, memiliki keistimewaan tempatnya, keistimewaan barang atau makanan minuman atau jasa yang disediakannya, lazimnya juga dikarenakan keistimewaan layanannya. Bahkan layanan yang prima, seperti keramahtamahan, kesantunan, kebaikan orangnya, dan kerapian managemennya menjadi daya tarik yang sangat signifikan. Oleh karenanya pelatihan softskill layanan menjadi keniscayaan di dunia bisnis. Lihatlah kantor-kantor pemerintah, perbankkan, perhotelan, supermarket, mall-mall, dan kantor layanan publik lainnya berebut dan menarik pelanggan dengan memberikan layanan prima.

Ketika melintasi atau datang ke tempat-tempat layanan publik seperti itu sebelum masuk saja, kita sudah disambut dengan sapaan ramah dari recepsionis yang sangat menawan dengan menyilahkan kita masuk, duduk dan menanyakan hal ikhwal keperluan kita dengan penuh semangat untuk memenuhinya. Dengan demikian, di sini semua orang merasa dihargai, dihormati dan diperlakukan sangat manusiawi dan bermartabat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN