Bentuk Kepedulian pada Pesantren, PMII Pasuruan Gelar Darusan

 
Bentuk Kepedulian pada Pesantren, PMII Pasuruan Gelar Darusan

LADUNI.ID, Pasuruan - Acara rutin berupa Dakwah Rutin Santri Pergerakan (Darusan) rutin dilaksanakan Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Pasuruan Jawa Timur memiliki. Acara yang digelar di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan pada Jumat (16/11) ini mengangkat tema PMII dan Pesantren.

Acara ini memang dikemas dalam bentuk dialog terbuka tersebut dihadiri oleh dua pembicara yakni Moch Irham Zuhdi, perwakilan Pengurus Yayasan Pesantren Terpadu Al-Yasini dan aktivis PMII Mohammad Subadar.

Adapun acara ini diikuti 70 kader dengan tema dialog PMII dan Pesantren sengaja diangkat karena terdapat beberapa alasan. Seperti yang diutarakan Ketua Pelaksana kegiatan Akhmad Afiful Karim Zain. Menurutnya itu merupakan misi prioritas kepengurusan cabang PMII Pasuruan masa khidmat 2018-2019.

"Dilihat dari letak geografis, Pasuruan merupakan kota santri yang memiliki ribuan pesantren. Oleh karenanya PMII Pasuruan harus turut andil dan terlibat dalam mengembangkan pendidikan berbasis pesantren," terangnya.

Selain itu, kajian rutin ini merupakan rancangan program dari bidang keagamaan akan dilaksanakan sebulan sekali secara bergiliran di komisariat se-Pasuruan.

Seperti yang telah kita ketahui, PMII memiliki sejarah menarik dengan pesantren. Lahirnya PMII juga diprakarsai oleh kader muda Nahdlatul Ulama yang lahir dari rahim pesantren.

“Semoga kegiatan ini mengingatkan kita bahwa PMII dan pesantren adalah dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Keduanya memiliki unsur tujuan yang sama, yakni mendakwahkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah," pungkasnya.