Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Masyarakat Era Modern

 
Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Masyarakat Era Modern

LADUNI.ID, Jakarta - Kesehatan mental bisa menjadi masalah yang berbahaya dan kritis jika diabaikan. Salah satu gangguan yang kerap dialami masyarakat kota besar di era modern adalah depresi yang dapat berpengaruh pada gaya hidup, pola tidur, pola makan, dan produktivitas seseorang.

Butuh dukungan dari orang yang dicintai untuk mengatasinya, bahkan beberapa orang menggunakan obat antidepresan. Namun, ada enam langkah sederhana yang bisa dicoba untuk mengalahkan depresi dan memiliki kehidupan produktif, seperti diulas oleh laman Techsling.

Kelola stres

Salah satu alasan utama penyebab depresi adalah stres yang tidak dikelola dengan baik. Banyak faktor yang bisa memicu stres seperti pekerjaan, keluarga, pendidikan, dan hubungan. Penting untuk mengelola semuanya sehingga tidak berlarut memikirkan suatu masalah.

Olahraga teratur

Rutin berolahraga bisa menjadi cara mudah untuk menghindari stres dan depresi. Sejumlah studi telah membuktikan bahwa ketika berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang merupakan bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Sikap positif

Tidak peduli seberapa lelah dan seberapa tinggi tekanan, seseorang bisa melaluinya dengan sikap positif. Efeknya sangat baik terhadap kesehatan mental. Mulai sekarang, ingatkan diri untuk selalu bekerja dan berkarya dengan sikap positif untuk menyingkirkan stres.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN