Mengupas Integrasi Agama dan Budaya, LTNNU Bali Terbitkan Buku “Fikih Muslim Bali”

 
Mengupas Integrasi Agama dan Budaya, LTNNU Bali Terbitkan Buku “Fikih Muslim Bali”

LADUNI.ID - Sejak dibentuk pada awal 2017 lalu, LTN (Lajnah Ta’lif wan Nasyr) atau yang kini dikenal dengan Lembaga Infokom & Publikasi PWNU Bali berinisiatif menulis tentang sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di pulau Dewata  serta proses asimilasi budaya Nusantara yang terbentuk mengikutinya.

Setelah mengumpulkan jejak literasi dari berbagai sumber dan berdiskusi dengan beberapa tokoh Muslim dan Hindu di Bali, akhirnya tim penulis LTNNU Provinsi Bali yang terdiri dari M. Taufik Maulana, Dadie W. Prasetyoadi, dan Muhammad Muhlisin berhasil menyusun sebuah buku dengan tema Sejarah, Budaya, Ukhuwah, Toleransi, dan Cinta yang berjudul “Fikih Muslim Bali”.

Buku ini mengupas tentang sejarah perjalanan mula masuknya agama Islam di Bali pada abad XV yang berawal dari perjalanan perdagangan para pedagang muslim Cina, Arab dan Gujarat yang berlanjut dengan hubungan diplomatik yang harmonis antara kerajaan Majapahit pada akhir masa kejayaannya dengan kerajaan-kerajaan Hindu Bali, khususnya kerajaan Gelgel Klungkung.

Keharmonisan ini mengundang banyak masyarakat muslim pendatang pada masa itu untuk datang ke Bali dan menetap. Mereka melakukan perkawinan dengan masyarakat asli dan membentuk sebuah komunitas masyarakat baru dengan tetap menjaga tradisi daerah dan saling menghargai satu dengan yang lain.

Dalam buku ini penulis juga mendeskripsikan kebiasaan dan adat masyarakat muslim Bali...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni