Songsong Revolusi Industri 4.0, Guru Hadapi Sejumlah Tantangan

 
Songsong Revolusi Industri 4.0, Guru Hadapi Sejumlah Tantangan

LADUNI.ID, Jakarta – Menurut Ketua PBNU H Juri Ardiantoro, saat ini terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi oleh para guru, termasuk dalam memasuki era industri 4.0. Pernyataan ini disampaikannya saat pembukaan Sarasehan dan Silaturahim Nasional (Silatnas) Organisasi Profesi Guru Nasional, di Gedung PBNU Kramat Raya Jakarta Pusat, Sabtu (24/11).

“Menyangkut tentang guru di samping masih banyak yang harus diperjuangkan dari mulai hak guru, kesejahteraan guru, banyak yang harus kita benahi dari sisi guru,” terang Juri.

Juri juga mengatakan bahwa dari sisi kuantitas atau jumlah guru, rasionya tidak proporsional. Pasalnya,stok guru melimpah namun distribusi tidak merata. Persoalan lainnya adalah kompetensi guru.

“Hal lain yang mesti menjadi perhatian seperti kesejahteran guru, fasilitas dan prasarana pembelajaran, itu bagian yang masih kita harus hadapi kerangka besar yang harus diperbaiki,” tuturnya.

Sementara itu, terkait dengan output atau lulusan sekolah yang tak terlepas dari dari sistem pembelajaran dan dampak teknologi informasi sebagai ciri-ciri revolusi industri 4.0. Bahkan, Juri juga mengatakan bahwa semakin kecil kebutuhan dunia industri yang berasal dari tenaga kerja fisik dari lulusan sekolah. Bahkan untuk mengukur kemampuan seseorang akan ditentukan dengan rumus algoritma.

“Terbaru adalah rekrutmen PNS yang konon tak sampai sepuluh persen yang lolos ICT (Information and Communication Technologies). Ini tanda salah satu peran orang yang digantikan dengan mesin. Ditambah lagi psikotes bisa dipakai rumus algoritma,” papar Juri.

Selain itu, imbuh Juri, tantangan lainnya bahwa ada pertentangan antara dunia pendidikan dengan lingkungan. Beberapa sistem pendidikan bersifat terlalu normatif dan terkesan adanya ketidaksiapan menghadapi dunia kerja.

Karena itu, tantangan-tantangan tersebut kiranya menjadi pintu masuk bagi dunia pendidikan serta  seluruh stakeholder untuk merespons dan mencari motor penggerak dalam mewarnai perkembangan yang dihadapi saat ini.