Bentuk Nyata Kepedulian Terhadap Kesehatan Masyarakat, UGM dan UKDW Gelar Hari Diabetes Sedunia

 
Bentuk Nyata Kepedulian Terhadap Kesehatan Masyarakat, UGM dan UKDW Gelar Hari Diabetes Sedunia

LADUNI.ID,Yogyakarta - UGM bersama dengan UKDW memperingati hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) 2018. Kedua Kampus yang sama-sama berada di Yogyakarta itu melaksanakan kegiatan World Diabetes Day sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap kesehatan masyarakat terutama dalam masalah Diabetes Melitus DM. 

Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit gangguan metabolik pada pankreas yang tidak mampu memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin.

Helen Natalia, Vice Local Coordinator for External Affairs CIMSA UGM 2018 - 2019 Center for Indonesian Medical Students' Activities Universitas Gadjah Mada, mengatakan insulin adalah hormon yang mengatur keseimbangan gula darah dan telah diproduksi secara efektif. Ketidakmampuan memproduksi cukup insulin ini akan menyebabkan peningkatan jumlah glukosa dalam darah.

Data hasil dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menyebut prevalensi penyakit DM di Indonesia mencapai 1,5 persen. Prevalensi DM di daerah DIY sendiri tergolong tinggi sampai mencapai angka 2,6 persen. Sementara, data dari Dinas Kesehatan Yogyakarta tahun 2017 menyebut jumlah pasien dengan DM terbanyak berada di Puskesmas Gondokusuman 1 dengan jumlah pasien mencapai 410 orang pasien.

“Inilah hal yang memberikan dorongan untuk mengadakan acara World Diabetes Day 2018. Acara terdiri atas tiga rangkaian kegiatan, yaitu internal training, campaign, serta perayaan World Diabetes Day 2018 dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan," ujar Helen Natalia, di Kampus UGM, Jumat (23/11).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN