Putra Mahkota Saudi Perintahkan dan Pantau Pembunuhan Jamal Khashoggi?

 
Putra Mahkota Saudi Perintahkan dan Pantau Pembunuhan Jamal Khashoggi?

LADUNI.ID,INTERNASIONAL- Surat kabar Amerika Serikat, The Wall Street Journal, baru-baru ini mempublikasikan laporan teranyar yang paling menohok seputar kematian jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi yang dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Dalam laporannya, yang mengutip dokumen dari Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA), The Journal meyakini bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, memantau pembunuhan Khashoggi.

The Journal menyebut, Pangeran Salman mengirim sedikitnya 11 pesan kepada seorang figur yang diduga mengawasi tim yang membunuh Jamal Khashoggi pada jam-jam sekitar kematiannya, menurut penilaian yang sangat rahasia dari CIA yang dilihat oleh The Journal, seperti dikutip dari The Independent, Minggu (2/12/2018).

Pesan-pesan yang diduga dikirim oleh putra mahkota itu ditujukan kepada mantan penasihat pengadilan Saudi, Saud al-Qahtani, menurut CIA sebagaimana dilaporkan oleh The Journal. Isi pesan antara putra mahkota dan Qahtani tidak diketahui, kata dokumen itu. Ia juga tidak mengatakan dalam bentuk apa pesan-pesan itu dikirim.

Qahtani adalah salah satu pejabat tinggi pemerintahan Saudi yang dipecat menyusul penyelidikan oleh jaksa penuntut umum Saudi dalam pembunuhan Khashoggi. Kejaksaan Saudi mendakwa belasan orang yang tergabung dalam tim untuk melancarkan operasi pembunuhan terhadap kolumnis The Washington Post itu.

Saud al-Qahtani juga merupakan...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni