Tahu Siapa Pemegang Saham Tokopedia? Ini Daftarnya

 
Tahu Siapa Pemegang Saham Tokopedia? Ini Daftarnya

LADUNI.ID,Jakarta - Tokopedia, startup unicorn asal Indonesia, banyak menarik perhatian publik, salah satunya adalah pertanayaan umum siapa pemegang saham di e-commerce tersebut ?, baca lebih lanjut.

Informasi yang dilansir dari KrAsia pada Selasa (11/12), dari dokumen hukum yang menunjukkan struktur perusahaan, lengkap dengan pemegang sahamnya, terungkap bahwa SoftBank sebagai penyuntik dana terbesar dalam pendanaan terakhir Tokopedia.

Perusahaan asal Jepang itu menyuntikkan lebih dari USD 3 juta melalui dua sumber dana yang berbeda dengan total hampir 40% dipegangnya. Selain SoftBank, ada juga Beenos, Global Opportunity PE Fund, dan TG18 Holdings Limited yang terdaftar dalam investor e-commerce yang identik dengan warna hijau tersebut.

Saham terbesar SoftBank di Tokopedia dipegang oleh SVF Investment Limited yaitu 29%, yang terhubung dengan Vision Fund milik SoftBank. 

Investor lain yang tak kalah besar kepemilikan sahamnya di Tokopedia adalah Alibaba, yang menyuntikkan dana melalui Taobao China Holding, dengan jumlah saham 25% diikuti oleh Radiant Pioneer LImited sekitar 12,26% dan Sequoia dengan saham 9.67%.

Sementara pemegang saham individual terbesar Tokopedia adalah William Tanuwijaya, CEO sekaligus co-founder Tokopedia yang mempunyai saham 5,6%, dan vice chairman dan juga co-founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison, yang punya saham sekitar 2,3%. Kedua orang ini juga tercatat sebagai...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni