Ciptakan Beton dari Cangkang Keong, Mahasiswa ITS Raih Tiga Penghargaan di Taiwan 

 
Ciptakan Beton dari Cangkang Keong, Mahasiswa ITS Raih Tiga Penghargaan di Taiwan 


LADUNI.ID, Surabaya - Empat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berinovasi menggunakan abu cangkang keong sawah dan serbuk kapur alami dalam campuran pembuatan beton. Berkat inovasinya tersebut, tim mahasiswa dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS tersebut berhasil menyabet tiga penghargaan dalam Kaohsiung International Invention and Design Expo (KIDE) 2018 di Taiwan, awal Desember lalu. 

Dihelat oleh World Invention Intelectual Property Associations (WIIPA), kompetisi ini diikuti oleh 300 lebih peserta yang berasal dari 26 negara. Kompetisi yang telah ada sejak 2013 ini menjadi ajang bergengsi bagi para peserta untuk menunjukkan kepekaannya terhadap lingkungan dalam wujud ide baru yang berkarakter original dan berdaya guna tinggi bagi lingkungan.

Adalah Ifon Robi Kurniadi, Ilham Pradana Kusuma, Aditya Rachmad Andriyono dan Mohamad Ilham Fahmi yang menjadi delegasi ITS dengan nama Tim PERFE-CT. Tim ITS ini merupakan salah satu dari lima tim yang menjadi perwakilan Indonesia di ajang bergengsi internasional tersebut.

Mohamad Ilham Fahmi, salah satu anggota Tim PERFE-CT menjelaskan bahwa Indonesia sejatinya memiliki lahan produksi pertanian seluas 8 juta hektar. Akan tetapi terdapat banyak hama yang menghambat pertanian di Indonesia. Salah satunya adalah keong sawah (Bellamya javanica).

Keong sawah ini berpotensi menimbulkan kerugian yang sangat tinggi terhadap panen tanaman padi. “Hal ini dikarenakan keong sawah ini memiliki sifat polyphagous herbivore, yakni berkembang dengan sangat cepat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan,” jelas mahasiswa yang biasa disapa Ilham ini sebagaimana dilansir dari laman resmi ITS

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN