Menyambut Tahun Baru dengan Meningkatkan Kualitas Diri

 
Menyambut Tahun Baru dengan Meningkatkan Kualitas Diri
Sumber Gambar: detik.com

Laduni.ID, Jakarta - Di penghujung tahun 2023 dan memasuki tahun baru 2024 yang sebenarnya menunjukkan bertambahnya umur, seharusnya digunakan untuk introspeksi diri di tahun-tahun sebelumnya karena hakekatnya usia makin pendek untuk menuju ke Hadirat Allah, akan tetapi banyak yang tidak sadar sehingga dirayakan dengan suka cita dan penuh kemeriahan, oleh karena itu, marilah senantiasa meningkatkan kualitas hidup, khususnya kehidupan keagamaan kita menjadi yang terbaik di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW. pernah ditanya:

أَيُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ قَالَ فَأَيُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ (الترمذى)

Siapakah manusia yang terbaik ya Rasulullah SAW.? Rasulullah SAW. menjawab: ”Orang yang terbaik ialah orang yang panjang umurnya dan kualitas amalnya makin bagus. Lalu ditanya lagi, manusia yang terburuk? Beliau menjawab: ”Orang yang umurnya panjang, tapi kualitas amalnya justru makin buruk. (HR. Tirmidzi dari Abi Bakrah).

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi yang terbaik dengan selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidup, antara lain:

1. Muhasabah diri, mengevaluasi diri selama setahun ini, seberapa banyak kesalahan dan dosa kita? Bagaimana amal baik kita? Sehingga kita bisa berbuat yang lebih baik pada tahun berikutnya. Allah berfirman:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN