Muhasabah Akhir Tahun dan Menggapai Hari Esok yang Lebih Baik

 
Muhasabah Akhir Tahun dan Menggapai Hari Esok yang Lebih Baik

LADUNI.ID, KOLOM-Tanpa terasa waktu demi waktu berganti, siang dan malam silih berganti menjadi hitungan minggu, bulan, dan tahun. Pergantian waktu tersebut sejalan dengan perputaran bumi pada porosnya serta pergerakan matahari mengelilingi bumi tiada hentinya sesuai dengan sunatullah.
Karena perputaran matahari mengitari bumi tersebut maka terjadilah pergantian dan perhitungan waktu sebagaimana yang telah digariskan Allah SWT. ini sebagaimana diungkapkan dalam firman-Nya :

فَالِقُ الإِصْبَاحِ وَجَعَلَ اللَّيْلَ سَكَنًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ حُسْبَانًا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ
“Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al An’am: 96 ).


Kita ketahui bersama bahwa dengan silih bergantinya malam dan siang yang secara terus menerus secara rutin, dewasa ini kita telah berada dipenghujung tahun masehi yang mendasarkan perhitungannya pada rotasi matahari. Tidak lamilagi kita akan memasuki tahun selanjutnya juga sebagai tahun yang harus dilalui sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Berbagi fenomena terus terjadi, sang bayi tumbuh berkembang menjadi balita, balita menjadi menjadi anak-anak, anak-anak menjadi remaja, remaja menjadi pemuda selanjutnya menjadi dewasa dan dewasa semakin mendekati lanjut usia (lansia) atau mendekati umur diambang senja. Intinya kita sebagai  muslim harus introspeksi terus apa yang telah diperbuatnya untuk masa depannya. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN