Teori Baru Klaim Charles Darwin Idap Penyakit Ganas Semasa Hidupnya

 
Teori Baru Klaim Charles Darwin Idap Penyakit Ganas Semasa Hidupnya

 

LADUNI.ID,INTERNASIONAL- Kesuksesan Charles Darwin sebagai seorang naturalis serta salah satu orang yang berkontribusi atas lahirnya teori evolusi tidak berbanding lurus dengan kondisi kesehatannya.

Selama hidupnya, Darwin mengeluhkan begitu banyak penyakit yang berbeda. Penulis On the Origin of Species ini membuat banyak catatan mengenai kesehatannya. Ia menyebut sejumlah masalah yang meliputi getaran otot, serangan panik, vertigo, jantung berdebar, sesak napas dan masalah pencernaan seperti muntah dan perut kembung.

Masalah kesehatannya bahkan sudah dimulai ketika Darwin masih seorang pelajar kemudian terus berlanjut hingga kematiannya pada tahun 1882.

"Kumpulan gejala aneh Charles Darwin menantang para ahli medis pada zamannya untuk menjelaskan," kata Jeffrey M. Marcus, profesor di Departemen Ilmu Biologi Universitas Manitoba.

"Dia mencoba berbagai perawatan. Banyak orang baik di zaman Darwin maupun sekarang curiga jika hipokondria penyebab kesengsaraan Darwin," tambahnya.

Meski kondisi kesehatannya yang buruk, Darwin hidup hingga usia 73 tahun dan diduga meninggal karena serangan jantung.

Namun mengingat riwayat kesehatannya yang beragam, sejarawan dan ilmuwan pun masih berusaha mendiagnosis penyakit Darwin setelah kematiannya. Dalam penelitiannya, mereka menemukan lebih dari 40 diagnosis yang berbeda, termasuk di antaranya adalah penyakit Chagas, lupus sindrom iritasi usus, dan lain-lain.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN