Jangan Anggap Negatif, Tawon Juga Berperan Penting untuk Lingkungan

 
Jangan Anggap Negatif, Tawon Juga Berperan Penting untuk Lingkungan

 

LADUNI.ID,EDUKASI - Saat berjumpa dengan tawon, orang cenderung mengusir atau membunuhnya. Mungkin banyak juga yang beranggapan bahwa tawon tak memiliki manfaat, berbeda dengan lebah.

Tapi siapa sangka, tawon yang lebih sering mendapat predikat negatif rupanya juga memiliki peran penting, sama seperti lebah.

Tawon juga terlibat dalam penyerbukan, sebuah peran yang cenderung diabaikan. Meskipun mereka tidak menyerbuki dengan tingkat yang sama dengan lebah, namun mereka dapat bertindak sebagai cadangan yang baik di habitat yang tidak ada lebah.

Adam Hart, seorang entomolog dari University of Gloucestershire mengatakan, tawon juga berperan besar dalam ekologi karena mereka adalah predator.

"Jadi mereka pengendali hawa alami. Mereka memangsa hama serangga yang makan tanaman," kata Hart dilansir Newsweek, Selasa (18/9/2018).

Menjadi predator, artinya tawon dapat meningkatkan keanekaragaman hayati.

Persepsi Publik

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ecological Entomology, mencoba untuk menjawab bagaimana sebenarnya persepsi publik terhadap lebah dan tawon.

"Meskipun ada konsensus umum bahwa orang membenci tawon, kami tidak memiliki bukti ilmiah mengenai ini dan alasannya. Jadi kami membuat survey melalui media sosial untuk mencari tahu," kata Seirian Sumner, peneliti dari Centre for Biodiversity and Environment Research University Colloge London (UCL) yang melakukan studi ini.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN