Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an (P3TQ) Lirboyo, Kediri

 
Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an (P3TQ) Lirboyo, Kediri

PROFIL 

Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo didirikan oleh KH. Ahmad Idris Marzuqi dan Nyai Hj. Khodijah Idris pada tahun 1986 M. Bermula dari seorang tamu dari daerah Bojonegoro yang mengantarkan putrinya bernama Arifah ke ndalem sepuh KH. Ahmad Idris Marzuqi untuk pengabdian pada beliau. Namun niat ini ditolak secara halus atas beberapa pertimbangan.

Namun, karena keinginan dari ayahanda Arifah yang begitu besar agar Arifah bisa mengabdi pada KH. Ahmad Idris Marzuqi, beliau terus bersikukuh memohon izin agar Romo Yai menerima Arifah. Sehingga pada akhirnya, Arifah diterima sebagai abdi ndalem pertama sekaligus penyimak pribadi Ibu Nyai Hj. Khodijah Idris ketika melalar hafalan al-Qur’an.

Selang beberapa waktu, berdatanganlah santri yang memiliki niatan sama dengan Arifah; yakni Umrotul Azizah, asal Surabaya, Martin, asal Nganjuk, dan seorang santri asal kota Patria Blitar. Pada saat itu, Romo Yai berkeinginan mendirikan asrama untuk para santri, dan dibangunlah dua kamar di lantai 2. Aktifitas yang ada kala itu tidak hanya tertuju pada ndalem dan menyimak Ibu Nyai saja, melainkan sorogan al-Qur’an kepada Ibu Nyai dan pengajian kitab Ta’limul Muta’allim oleh Romo Yai.

Pada tahun 1992, gedung P3TQ yang letaknya bersebelahan dengan ndalem Romo Yai dibangun menjadi 3 lantai. Saat itulah, Romo Yai Idris Marzuqi memberikan nama pada pondok kecil ini “Tahfizhil Qur’an”. Perluasan pembangunan gedung P3TQ direalisasikan secara bertahap. Tahun 1999 bertepatan dengan penyelenggaraan Muktamar NU XXX di Pondok Pesantren Lirboyo, dibangunlah aula sebagai pusat segala santri. Dan dilanjutkan pada tahun 2001 dibangun 2 kamar dan beberapa sarana pelengkap.

tinggi dengan jumlah santri, gedung yang tersedia di ketinggian, hingga akhirnya Romo Yai mengambil kebijakan untuk gedung baru. Pada tanggal 2 Januari 2007 gedung pondok baru di atas tanah pembangunan seluas 77.885 m2 yang terletak di sebelah selatan ndalem barat KH. Ahmad Idris Marzuqi. Gedung baru ini awalnya dirancang menjadi 3 lantai, namun karena suatu hal pembangunan dibuat hanya pada 2 lantai, yang saat ini dapat digunakan secara maksimal.

Gedung P3TQ barat pada periode pertama diresmikan oleh Romo Yai dan Ibu Nyai pada tanggal 4 Juli 2008 dengan disaksikan oleh dzurriyah Bani Marzuqi, dewan guru dan para santri yang pindah untuk berdomisili di gedung baru ini. Pada tahun 1430 H./2009 M., berdasarkan intruksi pengasuh, pihak pengurus pondok menyelenggarakan tasyakuran untuk membuka dan meresmikan lokal bagian selatan.

Sedangkan gedung lantai 2 diresmikan pada tanggal 29 April 2012 oleh Habib Umar bin Hafizh dari Hadramaut, Yaman dalam kunjungan Multaqo’ Bainal ‘Ulama’il Muslimin di Pondok Pesantren Lirboyo dan dipersaksikan oleh puluhan habaib dari berbagai penjuru, dzurriyah dan seluruh santri. Dari sinilah, P3TQ terbagi menjadi dua yaitu P3TQ Barat dan P3TQ Timur.

Meski demikian, para santri tetap berada dalam satu naungan yang sama dan selalu menjalin kekompakan dan silaturrohim dalam berbagai aspek. Seperti dhawuh Romo Yai “Tempat boleh beda, tapi hati tetap satu”. Sehingga Jam’iyyah Kubro, Ta’zhim Maulid, Isro’ mi’roj, Haflah Akhirussanah dan acara besar lainnya tetap dilaksanakan bersama.

Untuk menambah pengetahuan dan keilmuan para santri, KH. Ahmad Idris Marzuqi memberikan intruksi pada salah satu khodim beliau yaitu Bapak Azizi Hasbulloh dari Malang untuk memberikan pengajian sekedarnya. Titah inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Madrasah Hidayatul Mubtadiat fit-Tahfizhi wa al-Qiro-at (MHMTQ) yang diresmikan pada tahun 1992 M. Semula MHMTQ hanya terdiri dari beberapa kelas di tingkat Ibtidaiyyah.

Baru pada tahun 1995 lengkap dengan 6 kelas. Perputaran tahun mengiringi peningkatan kwantitas siswi baik santri mondok maupun nduduk, sehingga pada tahun 1996, MHMTQ meningkatkan jenjang pendidikan yaitu tingkat Tsanawiyah dan dilanjutkan dengan jenjang Aliyah yang ditambahkan mulai tahun 2005. Sehingga secara keseluruhan, MHMTQ terdiri dari tingkat Ibtida’iyyah 3 tahun, Tsanawiyah 3 tahun dan Aliyah 3 tahun.

Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo berbasis Tahfizh al-Qur-an, merupakan lembaga yang berorientasi pada pendidikan keagamaan dan sosial kemasyarakatan dengan mempertahankan nilai-nilai salafiyah. Santri dididik untuk mencintai, memahami serta mengamalkan al-Qur’an dan as-Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus sholih.

Sehingga, para santri dibina untuk belajar al-Qur’an, Hadits, kitab-kitab salaf, berakhlaqul karimah, dan secara intensif dibina agar aktif berorganisasi, berbahasa, serta menguasai keterampilan-keterampilan. Santri diharapkan menjadi pioner-pioner yang mampu membimbing umat pada kemaslahatan.

Pengasuh
KH. Ahmad Idris Marzuqi
Ibu Nyai Hj. Khodijah Idris

Baca juga :  Pesantren Lirboyo Kediri

PENDIDIKAN

Unit Pendidikan

  1. Pendidikan Al Qur-an Bin Nazhori dan Bil Ghoibi
  2. Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at (MHMTQ)
  3. Madrasah Diniyah Al-Muktamar
  4. TPQ Al-Muktamar
  5. JAMQUR (Jam’iyyah Qurra’) Al Muktama

Kitab yang diajarkan:
1. Hadis : (Hadis budi Luhur, Arbain Nawawi, hujjah Ahlussunah Wal Jamaah.)
2. Fiqih : (Mabadi Fiqih, juz 1, 2, dan 3, Risalatul Mahid, Fathul Qorib.)
3. Tajwid : (Tahsin Qur'an, Hidayatussibyan, Jazariah, Tuhfatul Athafal.)
4. Aqidah : (Aqidatul Awam, Zadul Mubtadi, Jawahirul Kalamiyah.)
5. Ahlaq : (Alala, Taisirul Kholaq, Ta'lim.)
6. Nahwu : (Sabrowi, jurumiyyah, Imriti.)
7. Sorof : (Amsilatu Tasrif, I'lal.)

Baca juga :  Pesantren Al Amin Kediri

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Kajian kitab kuning
  2. Bahtsul Masail
  3. Berjami'iyah(Diba'iyah, Barjanziyyah, Manaqibiyyah, Burdah, Kithobiyyah)
  4. Seni baca Al Qur'an
  5. Sholawatan
  6. Jurnalistik
  7. Kursus bahasa Inggris dan bahasa Arab Audiovisual
  8. Kursus Keputrian
  9. Al-Banjari Al-Habsyi
  10. Kaligrafi


Haflah di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an (P3TQ)


Sholawatan di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an (P3TQ)

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Masjid
  2. Gedung Pesantren
  3. Gedung Madrasah
  4. Asrama Santri
  5. Aula
  6. Laboratorium Komputer
  7. Laboratorium Bahasa
  8. Dapur
  9. Sanitasi/MCK
  10. Koperasi


Gedung pesantren di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an (P3TQ)


Gedung pesantren di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an (P3TQ)

Baca juga :  Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri

ALAMAT

P3TQ Timur : Jl. KH. Abdul Karim Desa Lirboyo Kec. Mojoroto Kota Kediri Po. Box. 162 Kode Pos 64101
P3TQ Barat : Desa Campurejo Kec. Mojoroto Kota Kediri


Telepon  :  , (0354)771856, (0354)780805

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini:https://lirboyo.net/pondok-pesantren-putri-tahfizhil-quran/

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.