Pilih Bahan Makanan Tepat untuk Hindari Pemicu Kanker, Ini Syaratnya

 
Pilih Bahan Makanan Tepat untuk Hindari Pemicu Kanker, Ini Syaratnya

 

LADUNI.ID,KELUARGA— Menurut para ahli, bahan makanan secara umum bisa dibedakan menjadi good guys dan bad guys atau pemicu dan pencegah kanker. Mewaspadai konsumsi makanan karsinogenik adalah cara ampuh hindari munculnya kanker.

Ulrike Gonder adalah pakar bahan pangan. Ia mengenali, mana bahan pangan yang bisa memicu kanker dan mana yang melindungi diri dari kanker. Istilahnya adalah Bad Guys dan Good Guys.

"Brokkoli adalah bintangnya jenis sayuran. Mengandung senyawa belerang yang disebut Glukosinolate, yang akan terlepas saat dikunyah atau dipotong-potong. Dalam riset ilmiah (brokoli) terbukti memiliki sifat mencegah kanker. Kadarnya dua kali lipat lebih tinggi di tangkai daripada bunganya. Jadi kita harus memasak seluruhnya. Tapi saat dimasak, tentu ada senyawa yang rusak. Artinya kita boleh memotong-motong atau menumisnya, tapi jangan sampai terlalu matang, karena sebagian unsur aktifnya akan rusak," jelas Gonder.

Menurut Gonder, jenis buah yang termasuk pelindung kanker bisa dilihat dari warnanya. Umumnya, makanan kategori Good Guysberwarna merah atau kuning terang.

"Yang membuat warna Apel atau anggur merah adalah Anthocyane. Sementara warna oranye pada labu besar dan pepaya adalah Karotinoide. Ini bukan hanya zat warna, melainkan juga unsur pencegah kanker," katanya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN