Biografi Habib Ahmad Bin Abdullah bin Thalib Al-Attas (Sapuro Pekalongan)

 
Biografi Habib Ahmad Bin Abdullah bin Thalib Al-Attas (Sapuro Pekalongan)

h1>Daftar Isi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas
1.3  Nasab Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas
1.4  Wafat

2.  Sanad Ilmu dan Pendidikan Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

2.1  Guru-guru Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

3.  Penerus Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

3.1  Anak Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

4.  Perjalanan Hidup dan Dakwah Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

4.1  Sekilas Tentang Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas
4.2  Perjalanan di Indonesia Menyebarkan Cahaya Dakwah
4.3  Berdakwah dengan Akhlak yang Mulia 
4.4  Amar Ma'ruf Nahi Munkar
4.5  Wara dan Zuhud

5.  Keteladanan Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

6.  Referensi

 

1 Riwayat Hidup dan Keluarga Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

1.1. Lahir

Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas dilahirkan di Kota Al-Hajarayn, Hadramaut, pada tahun 1255 H atau 1839 M, Orangtua tua beliau adalahHabib Abdullah bin Thalib Al-Attas dan As-Syarifah Zaenah binti Ahmad Al-Kaf.

1.2. Riwayat Keluarga Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

Dari pernikahannya Habib Ahmad bin Abdulah bin Thalib Al-Attas dikaruniai putra, diantaranya adalah :

  1. Habib Ali bin Ahmad bin Abdullah Al-Attas

1.3 Nasab Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib termasuk dari keturunan Nabi Muhammad Rasulullah SAW., dengan Silsilah sebagai berikut :

  1. Nabi Muhammad Rasulullah SAW.
  2. Sayyidah Fathimah Az-Zahra/Ali bin Abi Thalib
  3. Al-Imam Al-Husain
  4. Al-Imam Ali Zainal Abidin
  5. Al-Imam Muhammad Al-Baqir
  6. Al-Imam Ja’far Shadiq
  7. Al-Imam Ali Al-Uraidhi
  8. Al-Imam Muhammad An-Naqib
  9. Al-Imam Isa Ar-Rumi
  10. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir
  11. As-Sayyid Ubaidillah
  12. As-Sayyid Alwi
  13. As-Sayyid Muhammad
  14. As-Sayyid Alwi
  15. As-Sayyid Ali Khali’ Qasam
  16. As-Sayyid Muhammad Shahib Mirbath
  17. As-Sayyid Ali
  18. As-Sayyid Al-Imam Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad
  19. As-Sayyid Al-Imam Alwi Al-Ghuyur
  20. As-Sayyid Ali Shohibud Dark  
  21. As-Sayyid Muhammad Maula Ad-Dawilah
  22. As-Sayyid Abdurrahman Assegaf
  23. As-Sayyid Abdullah
  24. As-Sayyid Abdurrahman
  25. As-Sayyid Abdullah
  26. As-Sayyid Salim
  27. As-Sayyid ‘Aqil
  28. As-Sayyid Abdurrohman Al-Attas
  29. As-Sayyid Umar
  30. As-Sayyid Husein
  31. As-Sayyid Abdullah
  32. As-Sayyid Hasan
  33. As-Sayyid Ali (Shohib Mashad)
  34. As-Sayyid Hasan
  35. As-Sayyid Ali
  36. As-Sayyid Thalib
  37. As-Sayyid Abdullah
  38. As-Sayyid Ahmad

1.4 Wafat

Beliau meninggal pada malam Ahad tanggal 25 Rajab, tahun 1347 Hijriyah (6 Januari 1929) dan dimakamkan di Sapuro, Kota Pekalongan. Hari, tanggal dan tahun meninggalnya tertulis dalam batu nisan di makam beliau.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

Pada masa kecilnya, Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas  mendapat didikan dalam bidang , agama langsung dari kedua orangtua beliau, yaitu Habib Abdullah bin Thalib Al-Attas dan As-Syarifah Zaenah binti Ahmad Al-Kaf.

2.1. Guru-guru Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

  1. Habib Abdullah bin Thalib Al-Attas ( Ayahanda Habib Ahmad)
  2. Habib Hasan bin Ali Al-Kaf (Hadramaut)
  3. Habib Abdurrahman bin Ahmad Al-Kaf (Hadramaut)
  4. Habib Quthb Sholeh bin Abdullah Al-Attas (Hadramaut)
  5. Habib Quthb Abubakar bin Abdullah Al-Attas (Hadramaut)
  6. Habib Quthb Thahir bin Umar Al-Haddad (Hadramaut)
  7. Habib Quthb Idrus bin Umar Al-Habsyi (Hadramaut)
  8. Habib Ahmad bin Hasan bin Sholeh Al-Bahar (Hadramaut)
  9. Habib Ahmad bin Muhammad Al-Muhdor (Hadramaut)
  10. Habib Muhammad bin Ibrahim Al-Bilfaqih. (Hadramaut)
  11. Syekh Muhammad bin Said Babusailah (Makkah)
  12. Habib Salim bin Ahmad al-Attas (Makkah)
  13. Al-Quthb Aqthab al-Sayyid al-Allamah Ahmad bin Zaini Dahlan [1817-1886] (Makkah)
  14. Habib Abdullah bin Muhammad Al-Habsyi. (Makkah)

3. Penerus Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

3.1 Anak Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

  1. Habib Ali bin Ahmad bin Abdullah Al-Attas

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

4.1 Sekilas Tentang Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas

Kelahiran  Setidaknya terdapat tiga rujukan penting yang memuat  cerita tentang kehidupan (manaqib) Habib Ahmad bin Abdullah al-Athos. Yang pertama adalah Manaqib aAl-Imam Arif billah Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib  Al-Attas karya Muhsin bin Muhammad Al-Attas. Yang kedua adalah Mawrid al-Thalib fi Manaqib Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib tulisan Ahmad bin Umar Al-Attas, dan yang ketiga adalah Taj al-‘Aras ‘ala aHabib Quthb Shalih bin Abdullah Al-Attas karya Ali bin Husain al-Attas. Dalam rujukan-rujukan tersebut diterangkan bahwa Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas dilahirkan di Kota Al-Hajarayn, Hadramaut, pada tahun 1255 H atau 1839 M. Pada masa kecilnya, beliau mendapat didikan dalam bidang , agama langsung dari orangtua, yaitu al-Habib Abdullah bin Thalib Al-Attas dan As-Syarifah Zaenah binti Ahmad al-Kaf.

Setelah dirasa cukup menimba ilmu dari ayahnya, beliau kemudian meneruskan menuntut ilmu kepada para ulama besar yang ada di Hadramaut. Di antara guru-guru beliau:

  1.  Habib Hasan bin Ali Al-Kaf (Hadramaut)
  2. Habib Abdurrahman bin Ahmad Al-Kaf (Hadramaut)
  3. Habib Quthb Sholeh bin Abdullah Al-Attas (Hadramaut)
  4. Habib Quthb Abubakar bin Abdullah Al-Attas (Hadramaut)
  5. Habib Quthb Thahir bin Umar Al-Haddad (Hadramaut)
  6. Habib Quthb Idrus bin Umar Al-Habsyi (Hadramaut)
  7. Habib Ahmad bin Hasan bin Sholeh Al-Bahar (Hadramaut)
  8. Habib Ahmad bin Muhammad Al-Muhdor (Hadramaut)
  9. Habib Muhammad bin Ibrahim Al-Bilfaqih. (Hadramaut)

Setelah, ditempa oleh para ulama besar dan guru di Hadramaut, keinginan beliau untuk menuntut ilmu tak pernah luntur. Hasrat untuk menambah ilmu sedemikian hebat, sehingga beliau kemudian melakukan perjalanan ke arah utara yaitu ke Kota Makkah. Di kota suci ini, beliau banyak  menjumpai ulama-ulama besar yang tinggal di Kota Makkah. Kesempatan baik ini tidak beliau sia-siakan. Beliau berguru kepada para ulama besar seperti :

  1. Syekh Muhammad bin Said Babusailah (Makkah)
  2. Habib Salim bin Ahmad al-Attas (Makkah)
  3. Al-Sayyid Al-Alamah Ahmad bin Zaini Dahlan [1817-1886] (Makkah)
  4. Habib Abdullah bin Muhammad Al-Habsyi. (Makkah)

Dua ulama besar yang disebut  terakhir, juga merupakan guru para Ulama-uama di Nusantara waktu itu, seperti Syekh Mahfuz Termas, Syekh Abdul Hamid Kudus dan lain-lain.

Habib Ahmad selama sekitar 12 tahun menimba ilmu di Kota Makkah dengan penuh ketekunan dan keseriusan. Beliau terus mengembangkan keilmuannya, sehingga kapasitas beliau sebagai seorang ulama diakui oleh para ulama kota Makkah saat itu. Akhirnya beliau dianjurkan oleh gurunya, Al-Sayyid Al-Alamah Ahmad bin Zaini Dahlan, untuk memulai terjun ke masyarakat, mengajarkan ilmu dan berdakwah. Mula-mula beliau berdakwah di pinggiran Kota Makkah yang beliau lakukan selama kurang lebih 7 tahun, Dalam kurun waktu itu, beliau aktif melakukan kegiatan dakwah.

4.2. Perjalanan di Indonesia Menyebarkan  Cahaya Dakwah

Setelah tujuh tahun mengajar di Makkah,  beliau kemudian kembali ‘ke Hadramaut. Setelah tinggal beberapa lama di kota kelahirannya, Habib Ahmad merasa terpanggil untuk berdakwah ke Indonesia..Pada masa itu, sedang banyak-banyaknya penduduk Hadramaut yang pergi ke Indonesia, di _ samping untuk berdagang juga untuk menyebarkan agama. Komunitas Arab-Hadhrami yang sudah lama mukim di Indonesia juga sangat membutuhkan guru-guru keagamaan untuk membimbing mereka. Setelah melakukan perjalanan panjang melalui lautan, beliau akhirnya sampai ke Indonesia sekitar antara tahun 1295 sampai 1300 H atau tahun 1880-an M.

Setibanya di Indonesia, beliau menuju ke Kota Pekalongan dan menetap disana. Melihat keadaan kota itu yang dinilainya masih membutuhkan dukungan syiar Islam, maka tergeraklah hati beliau untuk menetap di kota tersebut. Saat pertama menginjakkan kakinya di kota ini, beliau melaksanakan tugas sebagai Imam Masjid Wakaf yang terletak di Kampung Arab (Jalan Surabaya). Kemudian beliau membangun dan memperluas masjid tersebut. Di samping menjadi imam, di masjid ini Habib Ahmad mengajar membaca al-Qur’an dan beberapa kitab, serta memakmurkan masjid dengan bacaan Ratib, Diba’i, Al-Barzanji, wirid dan hizib di waktu-waktu tertentu, sehingga semakin marak jama‘ah Masjid Wakaf sejak kehadiran Habib Ahmad. Pada setiap bulan, Rajab misalnya, di Masjid tersebut Habib Ahmad membaca kitab Shahih Al-Bukhari dan ketika selesai diadakan upacara khataman Bukhari, yang dihadiri oleh banyak jamaah.

Dalam amaliyah keseharian, sebagaimana yang ditulis dalam kitab “Taj Al-A’ras” karya Habib Al-Quthb Ali Bin Husein Al-Attas diceritakan, Habib Ahmad tidak pernah meninggalkan sholat  tahajud setiap harinya dan di dalamnya selalu membaca satu juz Al Qur’an dan satu juz lagi dibaca saat sholat dhuha.

Sementara itu setiap bulan Ramadhan sore, Habib Ahmad membaca kitab al-Nasha'ih al-Diniyyah karya Imam Al-Haddad. Karena jamaah semakin banyak dan ruangan masjid tidak dapat menampung maka pada tahun 1913, atas inisiatif Habib Ahmad, Masjid Wakaf tersebut direnovasi dan diperluas.” Setiap hari, Habib Ahmad memimpin jamaah untuk membaca Ratib. Sedangkan pada malam Jumat antara sholat Maghrib dan Isya’, dan Jum’at pagi ba’da sholat Subuh hingga-terbit matahari, Habib Ahmad dan para jamaah duduk melingkar untuk membaca surat-surat dalam al-Qur'an yang disunnahkan untuk dibaca pada hari Jum’at seperti surat Al-Kahfi, Yasin, Ad-Dukhan, Al-Waqi’ah dan Al-Mulk.

Semuanya itu dilakukan di Masjid Wakaf. Sedangkan di rumah, beliau juga membuka pengajian untuk kalangan terbatas. Di antara kitab-kitab yang beliau baca di rumah adalah :

  1. Risalah Al-Mu’awanah karya Habib Abdullah Al-Haddad
  2. ‘Iqd Al-Yawagit karya Habib ‘Idrus bin ‘Umar
  3. Idhah Asrar ‘Ulum Al-Mugarrabin karya Habib  Muhammad Al-‘Idrus
  4. Al-Anwar al-Muhammadiyah karya Al-Nabhani
  5. Al-Riyadh Al-Muniqa karya Habib ‘Ali bin Hasan Al-Attas
  6. Al-Washiyyah Al-Mardhiyyah karya Habib ‘Ali bin Hasan Al-Attas
  7. Al-Khulashah karya Habib ‘Ali bin Hasan Al-Attas
  8. Dan masih banyak kitab-kitab lainnya.

Melihat suasana pendidikan agama waktu itu yang masih sangat sederhana, maka Habib Ahmad tergerak untuk mendirikan Madrasah Salafiyah, yang letaknya berseberangan dengan Masjid Wakaf. Begitu pesatnya kemajuan Madrasah Salafiyah waktu itu, hingga banyak : menghasilkan ulama-ulama. Madrasah ini, yang didirikan lebih sekitar satu abad lalu, menurut Habib Abdullah Bagir, ' merupakan perintis sekolah-sekolah Islam modern, yang - kemudian berkembang di kota-kota lain.

4.3. Berdakwah dengan Akhlak yang Mulia

Ilmu Habib Ahmad memang sangat luas, namun ilmu itu bukan hanya sekedar dikuasai dan tidak diamalkan. Selain diamalkan, Habib Ahmad tidak pernah menyombongkan  ilmunya, melainkan selalu tampil dengan rendah hati, suka bergaul, jujur, sabar, istiqomah dan disiplin dalam menjalankan agama.

Di Kota Pekalongan beliau aktif meneruskan kegiatankegiatan dakwahnya. Beliau tidak ambil pusing dengan urusan-urusan duniawi. Semua tenaga dan fikiran beliau semata ditujukan untuk kepentingan dakwah. Waktu beliau selalu dipenuhi dengan kegiatan dakwah, ibadah, dzikir kepada Allah dan membaca ayat-ayat suci al-Qur'an. Keluasan ilmu yang beliau miliki dihiasi pula dengan akhlak beliau yang mulia. Menurut sejumlah orang tua di Kota Pekalongan, berdasarkan penuturan ayah atau mereka yang hidup pada masa Habib Ahmad, habib ini selalu tampil dengan rendah hati (tawadhu), dan suka bergaul.

4.4 Amar Ma’ruf-Nahi Munkar

Habib Ahmad terkenal dengan ketegasannya dalam melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar. jika beliau melihat seseorang yang melakukan suatu kemungkaran, beliau tidak segan-segan untuk menegurnya. Namun perkataan-perkataan yang keluar dari lisan beliau, selalu beliau ucapkan dengan jujur‘dan niat yang suci. Beliau tidak dapat mentolerir terhadap hukum-hukum Allah yang dilanggar atau melihat orang yang meremehkan soal agama. Sebagai contoh, Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas dikenal dengan keketatannya pada kaidah pakaian wanita muslim. Orang-orang di Kota Pekalongan tahu betul akan hal itu, dan para wanitanya tidak pernah berani berjalan di antara rumah beliau dan masjid tanpa menutupi tubuhnya secara rapat. Oleh sebab itu para wanita, tidak akan berani lalu lalang di depan kediamannya tanpa mengenakan kerudung atau tutup kepala. Tidak peduli wanita Muslim, maupun wanita Cina atau Belanda, mereka menggunakan tutup kepala apabila lewat di tempat kediaman beliau.

Pernah seorang istri residen Pekalongan dimarahi karena berpapasan dengan beliau karena tidak menggunakan tutup kepala. Cerita-cerita yang berhubungan dengan tindakan Habib Ahmad ini sudah begitu tersebar luas di tengah masyarakat Pekalongan. Bahkan, setiap perayaan yang menggunakan bunyi-bunyian seperti drumband, mulai perempatan selatan sampai  perempatan utara Jl. KH. Agus Salim, tidak dibunyikan karena  akan melewati rumah beliau. Habib Ahmad juga sangat keras terhadap  perjudian dan perzinaan.'’° Bagi Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas, itu merupakan kewajiban yang harus beliau lakukan.

4.5 Wara dan Zuhud

Beliau dikenal sebagai orang yang sangat wara dan zuhud. Beliau sangat hati-hati dalam masalah harta supaya tidak ada harta haram yang beliau gunakan apalagi dimakan.  Demi kehati-hatian itu pula beliau tidak mau menerima sesuatu dari seseorang kecuali dari orang yang diketahui baik . pergaulannya dan benar niatnya.

Selama bertahun-tahun beliau hidup dalam keadaan yang sederhana. Suatu ketika beliau menitipkan uang dalam jumlah yang besar kepada seseorang, kemudian uang itu hilang semuanya. Ketika beliau diberi tahu, beliau hanya  tertawa dan sedikitpun tidak menunjukkan kemarahan serta  sama sekali tidak terpengaruh dengan kejadian itu.

Beliau juga tidak suka, bergurau baik dalam perbuatan maupun ucapan dan selalu menghindari gurauan dalam semua majelisnya, sehingga yang ada di dalam majelisnya hanyalah kesungguh-sungguhan, Aib orang tidak pernah disebut dalam majelisnya. Majelis beliau sepenuhnya merupakan majelis ilmu, dzikir dan dakwah.

Keseharian Habib Ahmad disibukkan dengan kegiatan ta‘lim dan dakwah di Masjid Wakaf, Jl. Surabaya. Sebelum wafat beliau sempat mengalami patah tulang pada pangkal pahanya, akibat jatuh, hingga tidak dapat berjalan. Sejak itu beliau mengalihkan kegiatannya di kediamannya, termasuk sholat berjamaah dan pengajian. Beliau meninggal pada malam Ahad tanggal 25 Rajabe, - tahun 1347 Hijriyah (6 Januari 1929) dan dimakamkan di Sapuro, Kota Pekalongan. Hari, tanggal dan tahun meninggalnya tertulis dalam batu nisan di makam beliau."

Setiap tahun diadakan acara haul untuk mengenang jasa beliau, namun peringatan haulnya diselenggarakan setiap tanggal 14 Sya’ban, bersamaan dengan malam Nisfsu Syaban. Acara haul ini setiap tahun dihadiri oleh ribuan orang.  Perjuangan beliau kemudian diteruskan oleh keturunan beliau, yaitu Habib Ali, kemudian Habib Ahmad dan sekarang oleh Habib Muhammad Baqir.

5. Keteladanan Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib AL-Attas

Di Kota Pekalongan Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas aktif melakukan kegiatan-kegiatan dakwah. Beliau tidak ambil pusing dengan urusan-urusan duniawi. Semua tenaga dan fikiran beliau semata ditujukan untuk kepentingan dakwah. Waktu beliau selalu dipenuhi dengan kegiatan dakwah, ibadah, dzikir kepada Allah dan membaca ayat-ayat suci al-Qur'an. Keluasan ilmu yang beliau miliki dihiasi pula dengan akhlak beliau yang mulia. Menurut sejumlah orang tua di Kota Pekalongan, berdasarkan penuturan ayah atau mereka yang hidup pada masa Habib Ahmad, habib ini selalu tampil dengan rendah hati (tawadhu), dan suka bergaul.

Habib Ahmad terkenal dengan ketegasannya dalam melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar. jika beliau melihat seseorang yang melakukan suatu kemungkaran, beliau tidak segan-segan untuk menegurnya. Namun perkataan-perkataan yang keluar dari lisan beliau, selalu beliau ucapkan dengan jujur‘dan niat yang suci. Beliau tidak dapat mentolerir terhadap hukum-hukum Allah yang dilanggar atau melihat orang yang meremehkan soal agama.

Beliau dikenal sebagai orang yang sangat wara dan zuhud. Beliau sangat hati-hati dalam masalah harta supaya tidak ada harta haram yang beliau gunakan apalagi dimakan.  Demi kehati-hatian itu pula beliau tidak mau menerima sesuatu dari seseorang kecuali dari orang yang diketahui baik . pergaulannya dan benar niatnya.

Selama bertahun-tahun beliau hidup dalam keadaan yang sederhana. Suatu ketika beliau menitipkan uang dalam jumlah yang besar kepada seseorang, kemudian uang itu hilang semuanya. Ketika beliau diberi tahu, beliau hanya  tertawa dan sedikitpun tidak menunjukkan kemarahan serta  sama sekali tidak terpengaruh dengan kejadian itu.

6. Referensi

  1. JEJAK DAKWAH ULAMA NUSANTARA: Menelusuri Perjuangan, Keteladanan dan Hikmah Ulama Pekalongan – Tim PCNU Kota Pekalongan, Agustus 2020
  2. Dari berbagai sumber lainnya
 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya