Ziarah di Makam KH. Ahmad Marzuqi Romli, Masyayikh Pesantren Ar-Ramly Bantul

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Ahmad Marzuqi Romli, Masyayikh Pesantren Ar-Ramly Bantul

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Ahmad Marzuqi Romli beliau adalah ulama besar dari Giriloyo, Yogyakarta, selain sebagai Masyayikh pesantren Ramly Bantul juga adalah Mursyid Thariqah Syathoriyah di Bantul, Yogyakarta.

Sejak kecil, KH. Ahmad Marzuqi Romli sudah digadang-gadang agar bisa meneruskan perjuangan dakwah ayahnya. Dalam rangka mewujudkan itu, sejak belia, beliau sudah dididik ilmu agama secara ketat.

Dalam rangka melancarkan dakwah, KH. Ahmad Marzuqi Romli juga mendirikan masjid dan mushala. Sebagai pelengkap, beliau juga mendirikan sekolah formal. Di antara sekolah formal yang didirikan meliputi 130 buah untuk tingkat taman kanak-kanak(TK), 53 buah untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), 12 sekolah untuk tingkat MTs dan SMP, 8 sekolah untuk tingkat MA dan SMU.

Profil

KH. Ahmad Marzuqi Romli lahir pada tahun 1901 M di desa tempat ayahnya tinggal yaitu di Giriloyo Wukirsari Imogiri Bantul sebagai putra bungsu. Kiai Romli sangat berkeinginan kelak si bungsu apabila sudah besar dapat menggantikan perjuangan yang telah dirintisnya, mendidik orang-orang untuk lebih dekat pada Allah. Untuk mewujudkan cita-citanya tersebut, sangat wajar apabila KH Marzuqi ketika baru berumur 4 tahun sudah dididik dengan konsentrasi penuh.

Guru-guru KH. Ahmad Marzuqi Romli:

  1.     KH. Romli
  2.     KH. Zaini
  3.     KH. Hafidz Dimyati
  4.     KH. Dimyati
  5.     KH. Abdurrauf
  6.     KH. Idris
  7.     KH. Munawwir
  8.     KH. Dalhar Watucongol
  9.     KH. Ma’ruf
  10.     KH. Kholil Bangkalan
  11.     KH. Dimyati Termas
  12.     KH. Dimyati Kebumen
  13.     KH. Abdurrahman

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Ahmad Marzuqi Romli

Lokasi Makam

KH. Ahmad Marzuqi Romli wafat pada tanggal 9 Jumadil Akhir 1411 H atau tanggal 14 Desember 1991 M pada hari Sabtu malam Ahad adalah hari beliau menghembuskan nafasnya yang terakhir. Makam beliau berada di komplek pemakaman pesantren Ar-Ramly, Bantul.

Haul

Haul KH. Ahmad Marzuqi Romli diperingati pada bulan Jumadil Akhir di pesantren Ar-Ramly, Giriloyo, Bantul, haul diadakan dengan berbagai acara seperti , Ijazah Thoriqoh Syattoriyah, Mauludan, Khotmil Qur'an, dan Pengajian Akbar.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Ahmad Marzuqi Romli banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Bantul saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman pesantren Ar-Romly Giriloyo, Bantul.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Ahmad Marzuqi Romli maka akan dibuka hati dan pikiran dalam mencari ilmu baik ilmu agama, ilmu bathiniah, maupun ilmu duniawi, dimudahkan dalam mencapai cita-citanya, dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak yang sholeh dan sholehah.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Bantul di antaranya:
Gudeg, Bakpia, Yangko, Geplak, Tiwul, Peyek belut, Peyek Tumpuk, Wedang Uwuh.