Lima Bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam

 
Lima Bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam
Sumber Gambar: ilustrasi.Png

LADUNI.ID, Jakarta - Menentukan tanggal dan bulan yang baik untuk menikah menurut Islam adalah salah satu persiapan penting menjelang pernikahan. Islam memang tidak melarang waktu-waktu tertentu untuk menikah. Namun, karena tujuan utama pernikahan adalah ibadah, tentu tidak salah jika kita ingin melakukannya di hari yang baik agar mendapatkan keberkahan.

Menikah bukan sekedar ingin membangun rumah tangga bersama pasangan, tetapi juga menjadi sebuah perjalanan ibadah dalam agama Islam. Termasuk dalam hal mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sementara itu, masyarakat di Indonesia mempunyai bulan-bulan baik dalam melangsungkan pernikahan agar mendapatkan kelancaran, keberkahan, dan hal-hal baik lainnya di masa yang akan datang. Dengan mempercayai adanya bulan baik tersebut, menjadi salah satu upaya dan do’a agar pernikahannya langgeng dan lancar.

1. Bulan Syawal
Banyak orang yang menghindari menikah di bulan Syawal dengan keyakinan bahwa termasuk bulan yang sial. Padahal, keyakinan tersebut sebenarnya tidak berdasar. Karena Rasulullah SAW sendiri menikahi istrinya, Siti Aisyah pada bulan Syawal dan kemudian dijadikan sebagai dasar anjuran menikah di bulan Syawal.

Dalam satu hadis dijelaskan, yang artinya:
Dari Sayyidah 'Aisyah Radliyallahu 'anha

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN