Ziarah di Makam KH. Ma’shum Mahfudhi, Masyayikh Pondok Pesantren Fathul Huda Demak

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Ma’shum Mahfudhi, Masyayikh Pondok Pesantren Fathul Huda Demak

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Ma’shum Mahfudhi beliau adalah ulama besar dari demak dan masyayikh di pondok pesantren Fathul Huda Sayung Demak.

KH. Ma’shum Mahfudhi adalah mursyid thoriqoh qodiriyah naqsahbandiyah yang alim, sederhana peduli pada sesama dan masyarakat sekitar, bahkan sampai luar Jawa. Santrinya sudah tersebar diseluruh Nusantara, dalam kehidupan keseharian beliau menjalankan prinsip-prinsip keagamaan dengan mengikuti Nahladtul Ulama (NU).

Profil

KH. Ma’shum Mahfudhi lahir pada hari Jum’at, 5 Ramadhan 1347 H/15 Februari 1929 dari pasangan Kiai Yasir dan Nyai Aminah Secara harfiyah, kedua lafadz tersebut memiliki kesamaan makna. Lafadz Ma’shum memiliki makna ‘yang terpelihara’, namun lafadz ini berkaitan dengan sifat Nabi. Sementara lafadz Mahfudh juga memiliki makna ‘yang terpelihara’ namun dituju­kan kepada para wali Allah. Tampaknya kedua lafadz tersebut kelak semakin meneguhkan pribadi dan karakter Kiai Ma’shum sebagai ulama’ yang terpelihara dari sifat-sifat tercela.

Guru-guru beliau:
1. KH. Muslih
2. KH. M. Yasin
3. KH. Muhammadun
4. KH. Muhaji
5. KH. Mohammad Ma'roef RA (Mbah Ma'roef Kedunglo)
6. KH. Khozin (Muhajir )Kediri

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Ma’shum Mahfudhi

Lokasi Makam

KH. Ma’shum Mahfudhi wafat pada Rabu 24 Juni 1981 pukul 17:00 WIB. Jasad beliau dimakamkan pemakaman keluarga di Karang gawang Sidorejo kecamatan Demak

Haul

Haul beliau diperingati tiap bulan Rajab pada tanggal 23 Hijriah, Haul beliau diperingati di Komplek pemakaman KH. Ma’shum Mahfudhi

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Ma’shum Mahfudhi banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Demak saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman Karanggawang, Sayung, Demak.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Ma’shum Mahfudhi maka akan dibuka hati dan pikiran dalam mencari ilmu baik ilmu agama,maupun ilmu duniawi, dimudahkan dalam mencapai cita-citanya, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Demak di antaranya:
Kerupuk Udang Tambak, Brayo, Kerupuk Catak, Abon Lele, Koktail Belimbing, Jambu Air, Ikan Crispy, Wingko Salem.