KH. Afifuddin Muhajir: Ajaran Aqidah adalah Ajaran yang Bersifat Ilmiah

 
KH. Afifuddin Muhajir: Ajaran Aqidah adalah Ajaran yang Bersifat Ilmiah
Sumber Gambar: Dok.nu online, Ilustrasi: laduni.id

Laduni.ID, Jakarta - Ajaran Islam terdiri dari tiga, yaitu: Aqidah, Akhlak Tasawuf, Syariat. Ajaran aqidah adalah ajaran yang bersifat ilmiah. Lalu akhlak tasawuf bersifat Qolbiyah. Sedangkan syariah itu bersifat amaliah.

Pada dasarnya Aswaja adalah ajaran yang bersifat ilmiah. Seperti tentang pandangan terhadap dosa besar. Ada orang yang memiliki paham bahwa dosa besar bisa kafir, nah ini sebenarnya ada di dalam konteks ajaran ilmiah. Seperti halnya Khawarij. Lalu apakah seseorang itu memiliki kekuasaan dan ikhtiar ini juga dalam koridor ilmiah, i’tiqodiyah, nahdhoriyah.

Di Indonesia kita mengenal Aswaja An-Nahdliyah, atau Ahlussunah wal jamaah An-Nahdliyah. Di dalam aqidah mengikuti Madzhab Abul Hasan Al-Asy’ari dan Abu Mansur Al-Maturidi.

Lalu ada yang bertanya ini Manhaj atau Madzhab? Kita ketahui bahwa Manhaj adalah wasilah atau metodologi sarana untuk mencapai Natijah, sedangkan Madzhab adalah natijah atau kesimpulan dari Manhaj.

Manhaj Asy’ari adalah Manhaj Wasaty. Lalu Manhaj Asy’ari ini ada dua, yaitu adalah kebenaran wahyu dan logika akal sehat. Sehingga di sini akal sehat dapat memperkuat agama yang benar.

Imam

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN