Biografi Abu Hasan al-Asy'ari

 
Biografi Abu Hasan al-Asy'ari

Daftar Isi Profil Abu Hasan al-Asy'ari

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Penerus
  5. Nasab
  6. Pencipta Paham Aswaja
  7. Karya dan Jasa Beliau
  8. Kisah Beliau
  9. Pokok Pemikiran Kalam Imam al-Asy’ari

Kelahiran

Abu Hasan Ali atau yang kerap disapa dengan panggilan Abu Hasan al-Asy'ari lahir pada tahun 260 H atau yang bertepatan pada tahun 873 M, di Yaman. Beliau merupakan putra dari Syekh Ismail.

Nasab beliau dari jalur ayah, di antaranya, Abu al-Hasan Ali bi Ismail bin Abi Bisyr Ishaq bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin Abi Burdah Amir bin Abu Musa Abdullah bin Qais al Asy’ari.

Nama al-Asy'ari merupakan nisbat pada Asy'ar, nama seorang laki-laki dari suku Qahthan yang kemudian menjadi nama suku dan tinggal di Yaman. Dari suku Asy'ari ini, lahir seorang sahabat terkemuka dan dikenal sangat alim, sehingga termasuk salah satu fuqaha di kalangan sahabat Nabi, yaitu Abu Musa Abdullah bin Qais al-Asy'ari, yang dilahirkan pada 22 tahun sebelum Hijriyah, dan wafat tahun 44 Hijriyah/ 665 Masehi.

Penduduk Yaman memiliki kemauan yang keras untuk mengetahui dan menanyakan persoalan penting dalam pandangan agama, yaitu seputar ke-Esaan Allah yang bersifat qadim (tidak ada permulaannya) dan eksistensi alam yang bersifat baru (hadats) yang merupakan materi penting dalam pembahasan ilmu tauhid.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya