4 Amalan Istimewa di Hari Jumat

 
4 Amalan Istimewa di Hari Jumat
Sumber Gambar: Unsplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

 

Laduni.ID, Jakarta - Hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa. Setidaknya ada empat hal istimewa yang dapat diamalkan di hari istimewa ini.

Pertama, adalah bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana diriwayatkan di dalam Hadis, bahwa Rasulullah SAW berpesan kepada kita untuk memperbanyak shalawat. Beliau bersabda;

أَكثِروا عليَّ منَ الصَّلاةِ يومَ الْجُمْعَةِ 

 “Perbanyaklah shalawat kepadaku di hari Jumat.” (HR. Al-Baihaqi)

Di hari Jumat ini boleh saja kita menafikan dzikir yang lain, lalu fokus memperbanyak dzikir sholawat. Pada dasarnya hal tidak salah, karena Rasulullah SAW memang berpesan agar kita memperbanyak baca sholawat kepada beliau di hari Jumat. Kita bisa melakukan ini di sepanjang hari Jumat, di manapun kita berada. Kita membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan menyelaraskan mulut dan hati kita. Kita hadirkan selalu Nabi Muhammad SAW.

Dalam bersholawat ini kita boleh menggunakan lafadh Sayyidina atau tidak menggunakan lafadh tersebut. Menggunakan lafadh panjang, atau lafadh yang pendek juga boleh. Intinya bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebab semua sholawat yang dibaca ini pasti akan sampai kepada beliau.

Kedua, jangan lupa membaca Surat Al-Kahfi sampai akhir, 110 ayat. Jika merasa berat membaca sekaligus selesai satu surat, karena merasa belum biasa, maka boleh membagi bacaannya. Maksudnya adalah dengan membaca satu halaman di pagi hari, lalu sebelum sholat Jumat bisa dibaca dua halaman, selepas sholat Jumat juga dua halaman dan terakhir setelah Ashar diselesaikan sisa surat Al-Kahfi. Demikian ini boleh dilakukan kalau membaca sekaligus satu surat dirasa berat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN