Menjadi Alim Itu Penting karena Islam adalah Agama yang Paling Masuk Akal

 
Menjadi Alim Itu Penting karena Islam adalah Agama yang Paling Masuk Akal
Sumber Gambar: istockphoto.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Alim itu penting sebab tidak bisa dipungkiri bahwa orang alim itu kalau berfatwa ditentukan bisa masuk akal. Misalkan ada keterangan di dalam Kitab Al-Baijuri di Bab Wujubul Gusli. Salah satu perkara yang menjadi wajibnya mandi di antara sebabnya adalah seorang kafir yang baru masuk Islam.

Di dalam syarahnya dijelaskan untuk tidak melakukan mandi dahulu, tetapi lebih tepatnya didahulukan harus mengucapkan dua kalimat syahadat langsung. Alasanya, karena kalau sampai harus mandi terlebih dahulu berarti kita ikut terlibat membiarkan dia dalam kekafiran beberapa menit, padahal semestinya bisa menghilangkan kekafiran saat itu juga.

Orang kafir yang telah mengucapkan kalimat syahadat sebab berlindung dari pedang saja, tetap disahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Apalagi jika orang kafir itu sadar lalu ingin syahadat masuk islam, maka lebih tepatnya langsung saja bersyahadat.

Pandangan ini jelas benarnya. Bahkan Asbabun Nuzul Surat An-Nisa ayat 94, jelas terkait dengan persolan tersebut. Allah SWT berfirman;

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا ضَرَبْتُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَتَبَيَّنُوْا وَلَا تَقُوْلُوْا لِمَنْ اَلْقٰىٓ اِلَيْكُمُ السَّلٰمَ لَسْتَ مُؤْمِنًاۚ تَبْتَغُوْنَ عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۖفَعِنْدَ اللّٰهِ مَغَانِمُ كَثِيْرَةٌ ۗ كَذٰلِكَ كُنْتُمْ مِّنْ قَبْلُ فَمَنَّ اللّٰهُ عَلَيْكُمْ فَتَبَيَّنُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN