Ziarah di Makam KH. Imam Faqih Asy’ari, Muasis Pesantren Darussalam Sumbersari Kediri

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Imam Faqih Asy’ari, Muasis Pesantren Darussalam Sumbersari Kediri

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Imam Faqih Asy’ari beliau adalah ulama kharismatik dari Kediri, KH. Imam Faqih Asy’ari adalah perintis pondok pesantren Darussalam Sumbersari Kediri.

Di Lirboyo, KH. Imam Faqih Asy'ari terkenal sebagai seorang guru yang telaten, belum pernah ditemukan seorang guru yang sangat telaten seperti halnya KH. Imam Faqih Asy'ari baik dalam mengajar 'amrithy, Alfiyah, Jauharul Maknun serta 'Uqudul Juman. Semuanya memakai sistim imla' setiap 9/10 bait ditulis terus diberi ma'na gandul kemudian pada keesokan harinya setiap murid harus berdiri disampingnya KH. Imam Faqih Asy'ari untuk hafalan.

Proses seperti ini selalu di lakukannya setiap hari. Bukti ketelatenan beliau yang lain misalnya dalam mengajar beliau sering memberi tafsiran yang dalam setiap seminggu sekali buku dari siswa-siswa di kumpulkan (waktu mengembalikan biasanya pada hari sabtu). Anehnya tidak satupun yang terlewatkan dalam pengoreksiannya.

Profil

KH. Imam Faqih Asy’ari lahir pada hari Senin legi tanggal 01 Januari 1917 M atau  07 Robiul awal 1335 H di desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Beliau merupakan putra dari pasangan H. Asy’ari dengan Nyai Hj. Halimah.

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Imam Faqih Asy’ari

Guru-Guru Beliau

1. KH. Danuri (Semanding Pare)
2. KH. Hasyim Asy'ari
3. KH. Alwi
4. KH. Maksum Jauhari

Lokasi Makam

KH. Imam Faqih Asy’ari wafat pada hari Ahad tanggal 27 Dzulhijjah pukul 03.00 dini hari, di usianya yang ke 80 tahun. Makam beliau berada di Pemakaman Keluarga besar pondok pesantren Darussalam Sumbersari, Kediri.

Haul

Haul beliau diadakan setiap tahun sekali di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari, Kediri. Haul beliau diperingati pada bulan Dzulhijjah untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Imam Faqih Asy’ari banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Kediri saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman Keluarga pondok pesantren Darussalam Sumbersari, Kediri

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Imam Faqih Asy’ari, dibukakan akal pikiran dan hatinya dalam menerima ilmu, dimudahkan dalam mencapai cita-citanya, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak yang sholeh-sholehah.

Peninggalan

Beliau adalah pendiri sekaligus pengasuh Pondok pesantren Darussalam Sumbersari Kediri:
Pondok pesantren Darussalam Sumbersari dirintis oleh KH. Imam Faqih Asy’ari pada tahun 1948.

 

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Kediri di antaranya:
Sambal Tumpang, Carang Mas, Coklat Tempe, Batik Kediri,Getuk Pisang Kediri, Tahu Takwa, Tahu Pong