Pesantren Tri Bhakti At-Taqwa, Lampung Timur

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA3 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Tri Bhakti At-Taqwa, Lampung Timur

PROFIL

Pondok Pesantren Tri Bhakti At-Taqwa secara geografis di kategorikan sebagai pesantren yang berada di pedesaan. didirikan oleh beliau Almaghfurlah KH. Raden Joyo Ulomo beserta istrinya Ny. Hj. Dewi Wuryanti yang ikut transmigrasi ke daerah sumatera dan di tempatkan di Lampung tepatnya di desa Rama Puja Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Tengah pada tahun 1958.

Demi sebuah perjuanganya KH. Raden Rahmat Joyo Ulomo beserta keluarganya dan beberapa transmigran lainnya membuka hutan belantara, sehingga membentuk sebuah pedukuhan. Selanjutnya beliau merintis dan mengembangkan ajaran agama Islam di desa tersebut. Beliau mulai merintis untuk menyebarkan ilmu agama yang dimilikinya dengan mengajar ngaji di rumah dan memberikan bimbingan ilmu agama sampai ke desa-desa yang lain.

Lambat laun perjuangan beliau mulai berkembang dengan semakin bertambahnya orang yang mengaji, kemudian beliau dengan dibantu masyarakat mendirikan sebuah masjid dan pedukuhan sebagai tempat belajar kepada siapa saja yang berminat belajar minimba ilmu agama. Demikian KH. Raden Rahmat Joyo Ulomo juga memiliki jiwa pengabdian yang cukup tinggi, beliau juga berjuang untuk memberikan sumbangan ilmu pengetahuan agama dengan cara mengajar ngaji kepada masyarakat setempat. Perjuangan beliau lambat laun dikenal banyak orang karena selain kaarifannya dalam ilmu agama beliau juga memiliki karomah.

Dari situlah cikal bakal berdirinya pondok yang berada di desa Rama Puja yang kemudian diberi nama Tri Bhakti At-Taqwa yang resmi didirikan pada tanggal 1 Mei 1961 dengan tiga tokoh pendirinya yaitu :

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.