Teks Lengkap Manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani (Lujainud Dani)

 
Teks Lengkap Manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani (Lujainud Dani)
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Tradisi membaca Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani telah berlangsung sejak lama, khususnya di kalangan para pengikut Thoriqah Qodiriyah. Tradisi ini disebut juga dengan acara ‘manaqiban’. Biasanya tradisi manaqiban dilakukan seminggu sekali, pada malam Jumat. Tapi tidak jarang juga, tradisi manaqiban dilaksanakan ketika ada suatu hajat yang mendesak, karena konon dengan keberkahan membaca manaqib, akan dimudahkan oleh Allah segala hajatnya melalui perantara keberkahan Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani.

Terkait dengan tradisi manaqiban ini atau tradisi membaca riwayah hidup para wali atau orang-orang sholeh, Habib Alawi Al-Haddad menjelaskan di dalam Kitab Misbahul Anam wa Jala’ud Dhulam sebagaimana berikut:

اِعْلَمْ يَنْبَغِي لِكُلِّ مُسْلِمٍ طَالِبِ الْفَضْلِ وَالْخَيْرَاتِ أَنْ يَلْتَمِسَ الْبَرَكَاتِ وَالنَّفَحَاتِ وَاسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ وَنُزُوْلَ الرَّحْمَاتِ فِيْ حَضَرَاتِ اْلأَوْلِيَآءِ فِيْ مَجَالِسِهِمْ وَجَمْعِهِمْ أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا وَعِنْدَ قُبُوْرِهِمْ وَحَالَ ذِكْرِهِمْ وَعِنْدَ كَثْرَةِ الْجُمُوْعِ فِيْ زِيَارَاتِهِمْ وَعِنْدَ مُذَاكَرَاتِ فَضْلِهِمْ وَنَشْرِ مَنَاقِبِهِمْ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN