Pesantren Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) Al-Ihsan Kanang, Poliwalimandar

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) Al-Ihsan Kanang, Poliwalimandar

PROFIL

Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang berdiri pada tanggal 1 Januari 1988 dengan SK PB.DDI No: PB/B.II/86/XI/1988 tanggal 11 November 1988 M/ 1 Rabiu’ul Akhir 1409 H. Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang berlokasi di Kanang, Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang,  Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Untuk mewujudkan Visi, Misi, Motto dan Budaya Kerja tersebut diatas, maka Pondok Pesantren membina beberapa lembaga pendidikan formal meliputi: Raudhatul Atfal DDI Kanang (RADDI Kanang), Madrasah Ibtidaiyah (MI DDI Kanang), Madrasah Tsanawiyah (MTs DDI Kanang), Madrasah Aliyah (MA DDI Kanang).

Disamping lembaga pendidikan formal tersebut diatas, juga pondok pesantren melaksanakan Program Takhassus Kepesantrenan yaitu sebuah istilah yang digunakan dalam membina Program khusus diluar pendidikan formal di Madrasah seperti Pengajian kitab kuning, program penghafal al-Qur'an, dan sebagainya yang dilaksanakan pada sore, malam dan pagi hari sebelum melaksanakan aktivitas pendidikan formal.

Sejarah

Masyarakat Desa Batetangnga sejak mengenal ajaran agama Islam, mereka sudah familier dengan budaya dan kultur organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang berpaham Ahlusunnah Waljama’ah. Oleh karena itu, seketika ada tawaran dan saran dari PB. DDI Pusat dalam hal ini Gurutta KH. Abdul Rahman Ambo Dalle untuk bergabung dalam organisasi Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI), maka para tokoh masyarakat dan pemuka agama serta pemerintah setempat dengan mudah menerima tawaran dan saran tersebut, karena dianggap organisasi Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) se-irama dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang sudah melekat dan menjadi kultur  masyarakat sampai sekarang, sehingga tepat tanggal 01 Januari 1960 berdirilah organisasi Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) cabang Kanang di Desa Batetangnga Kec. Polewali Kab. Polewali Mamasa (Kab. Polmas kala  itu)  yang dimotori oleh pendiri utamanya adalah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.