Serial Tokoh Wayang: Abimanyu

 
Serial Tokoh Wayang: Abimanyu

Laduni.ID, Jakarta - Abimanyu  adalah putra kesayangan dari Arjuna, penengah dari Pandawa dan cucu Prabu Pandudewanata, raja Negeri Astina. Ibunya bernama Dewi Subadra dalam pewayangan lebih dikenal dengan sebutan Dewi Wara Sembadra,  putri Prabu Basudewa raja negeri Matura/Madura/ Mandura  dengan Dewi Dewaki.

Nama Abimanyu mengandung arti ‘kalau ia sedang marah, tak ada yang berani mendekat'. Abi atau abhi artinya dekat, manyu artinya marah.

Abimanyu adalah seorang kesatria yang tampan, pendiam, berilmu tinggi, dan kuat bertapa. Itulah sebabnya ia berhasil mendapatkan Wahyu Cakraningrat, yang penting artinya bagi kemenangan keluarga Pandawa dalam Bharatayuda di kemudian hari.

Selain nama Abimanyu, dia juga mempunya nama lainnya yaitu :

  1. Angkawijaya yang bermakna sangat unggul nilainya.
  2. Jayamurcita yang bermakna tajam perasaannya.
  3. Jaka Pangalasan yang bermakna  pengembara.
  4. Kiriyatmaja yang bermakna anak Kiriti/Arjuna.
  5. Partasuta yang bermakna anak Sang Parta/Arjuna.
  6. Sumbadraja yang bermakna anak Dewi Wara Sumbadra.
  7. Wanudara yang bermakna kecukupan.
  8. Wirabattana yang bermakna anak pahlawan negara.

Dalam Wayang Golek purwa Sunda, nama lain Abimanyu masih ditambah lagi dengan Sidamukti. Murcalalana, dan Tanjunganom.

Dikisahkan, sejak dalam kandungan ia telah mendapat "Wahyu Hidayat", yang mampu membuatnya mengerti dalam segala hal. saat berada dalam rahim ibunya, Abimanyu mempelajari pengetahuan tentang memasuki formasi mematikan yang sulit ditembus bernama Chakrawyuha dari Arjuna. Mahabharata menjelaskan bahwa dari dalam rahim, ia menguping pembicaraan Arjuna yang sedang membahas hal tersebut dengan ibunya, Subadra. Arjuna berbicara mengenai cara memasuki Chakrawyuha dan kemudian Subadra tertidur, maka sang bayi tidak memiliki kesempatan untuk tahu bagaimana cara meloloskan diri dari formasi itu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN