Syahadat Mengantar Seseorang Menuju Tingkatan Selanjutnya

 
Syahadat Mengantar Seseorang Menuju Tingkatan Selanjutnya
Sumber Gambar: IG @mastercorbuzier, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.Id, Jakarta - Allah memberikan kemudahan kepada semua yang hadir di dalam majelis kebaikan, dimana lingkaran yang tingkatan pertamanya adalah syahadat. Sungguh besar kalimat dua syahadat ini dan maknanya sangatlah agung.

Apabila seseorang mengucapkan dua kalimat syahadat dan mengetahui maknanya, maka ia sedang memasuki tingkatan keimanan dan ia akan menjajaki tingkatan sedikit demi sedikit. Selain itu seseorang tersebut berarti sedang memaknai pensucian kepada Allah SWT, dan termasuk ke dalam menjauhi hal yang tidak pantas bagi penyifatan kepada Allah SWT.

Syahadat membentuk keimanan kepada semua sifat-sifat Allah SWT. Jika sudah begitu maka keimanan tersebut akan mengantarkan kita kepada kecintaan Allah SWT, takut kepada Allah SWT dan berharap hanya kepada Allah SWT.

Begitu juga ketika kita bersaksi kepada Nabi SAW, maka kesaksian itu akan mengantarkan kepada kecintaan kepada Nabi SAW, seluruh sahabat Nabi dan seluruh keluarga Rasulullah SAW serta umatnya Nabi SAW secara umum. Dan itu semua otomatis mengantarkan ia kepada mempercayai seluruh Nabi dan Rasul yang diutus, mempercayai malaikat dan hari akhir. Karena Nabi SAW diutus untuk menyebarkan maklumat-maklumat tersebut. Dari situ, jika kita pikirkan maka begitu dahsyatnya dua kalimat ini.

Hakikat keimanan berkaitan dengan batin manusia dan sanubari dimana disitu terkandung kepercayaan dan iman. Hal itu menjadi kuat dengan mengamalkan nilai-nilai keimanan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN