Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 70: Kegembiraan Umat Islam di Rabiul Awal

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 70: Kegembiraan Umat Islam di Rabiul Awal

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh
Laduni.ID, Jakarta - Umat Islam di seluruh dunia bergembira dengan datangnya bulan Rabiul Awal. Pasalnya, di bulan ini, sosok panutan dan tauladan umat Islam dilahirkan yaitu Nabi Muhammad SAW. Walaupun ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang kelahirannya. Ada yang berkata, ia lahir di bulan Muharram, yang lain berpendapat ia lahir di bulan Safar, sebagian lagi ada yang mengatakan ia lahir di bulan Rajab atau Ramadhan. Namun, seluruh jumhur ulama sepakat bahwa beliau lahir pada bulan Rabiul Awal (Husein Haikal:1984:55)

Muhammad, Namanya yang agung bukan hanya diabadikan dalam alquran akan tetapi terdapat pula di kitab-kitab terdahulu. Adapun bacaan yang termaktub di dalam kitab Perjanjian Lama, Kitab Ulangan 33 ayat 2:.. bahwa Tuhan telah datang dari Tursina, dan telah terbit untuk mereka Seir, kelihatannya ia dengan gemerlapan cahanyanya dari gunung Paran.

Pemahaman mereka kala itu sebagai berikut: “Gunung Paran” menurut kitab tersebut, yaitu tempat putra Nabi Ibrahim- yakni Nabi Ismail-bersama ibunya hajar memperoleh air (Zam-zam). Ini berarti tempat tersebut adalah Makkah, dengan demikian yang tercantum dalam kitab Ulangan di atas mengisyaratkan tiga tempat terpancarnya cahaya wahyu ilahi: Thur Sina tempat Musa a.s, Seir tempat Nabi Isa a.s, dan Mekkah tempat  Nabi Muhammad Saw. Sejarah membuktikan bahwa beliau satu-satunya Nabi dari Makkah.(Abbas al-‘Aqqad:1974)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN