Pesantren Al Mu’minien Lohbener, Indramayu

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Al Mu’minien Lohbener, Indramayu

PROFIL

Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener bermula dari sebuah mushala kecil yang dibangun oleh Kiai sepuh KH. Abdus Syukur (almarhum) yang bertempat di Desa Lohbener Blok Bojong  Karang Malang (Jongkara). Pendidikan yang dilaksanakan waktu itu berupa pengajian Al-Qur’an dengan sistem yang cukup sederhana.

Nilai kesejarahan ini menjadi bekal berharga bagi cicit mantu beliau Moh. Sahli Mahmud, yang alumni Pondok Pesantren Al-Amien Madura, dengan dukungan K. Masduki (almarhum), untuk melakukan inovasi kependidikan yang cakupannya lebih luas. Kurikulum yang digunakan  merupakan paduan antara sistem lama dan sistem baru. Kegiatan belajar mengajarpun makin bervariasi, dari pengajian Al-Qur’an, pengajian kitab klasik, latihan pidato tiga bahasa, puisi, qira’at, hingga pelaksanaan pendidikan formal klasikal.

Dengan memohon ma‟unah Allah SWT, maka dirumuskanlah langkah-langkah kongkrit lewat berbagai pertemuan formal dan non formal dengan mengikut sertakan seluruh lapisan masyarakat guna tercapainya cita-cita pendirian pondok pesantren modern ini. Setelah diadakan musyawarah yang sangat intensif dengan para tokoh masyarakat setempat tentang pentingnya lembaga pendidikan yang berupa Pondok Pesantren Modern, akhirnya tercapailah sebuah kata mufakat untuk merealisasikan cita-cita suci tersebut yaitu berupa pendirian pondok pesantren.

Lalu ditetapkanlah 17 Ramadhan 1412 H sebagai titik awal berdirinya sebuah pesantren. Pesantren ini kemudian diberi nama Al- Mu’minien dengan beberapa alasan yaitu:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.