Serial Tokoh Wayang: Dewi Ambika dan Dewi Ambalika

 
Serial Tokoh Wayang: Dewi Ambika dan Dewi Ambalika
Sumber Gambar: ABM Art of Drawing

Laduni.ID, Jakarta - Dewi Ambika (Ambalika) dan Dewi Ambiki (Ambaliki), putri Dewi Swargandini dan Prabu Darmahumbara atau Prabu Darmamuka, raja negara Giyantipura atau Sruwantipura. Dalam kitab Mahabharata juga disebut dengan nama Kerajaan Kasi atau Kasipura. Kakak mereka bernama Dewi Amba. Makna dari nama Dewi Ambika adalah ibu yang tercinta dan makna dari nama Dewi Ambalika adalah ibu yang dicintai.

Menurut legenda, sudah menjadi tradisi bagi kerajaan Kasi untuk memberikan putrinya kepada pangeran keturunan Kuru, namun tradisi tersebut tidak dilaksanakan ketika Wicitrawirya mewarisi tahta Hastinapura, padahal ia merupakan pangeran keturunan Kuru. Kerajaan Kasi memilih untuk menemukan jodoh putrinya lewat sebuah sayembara.

Untuk menikahkan Citranggada dengan para puteri Kasi, Bisma datang ke tempat sayembara. Ia mengalahkan semua peserta yang ada di sana, termasuk Raja Salwa yang konon amat tangguh.

Mulanya kedua putri itu sekaligus menjadi permaisuri Prabu Citranggada. Setelah Citranggada meninggal, keduanya diperistri Wicitrawirya. Pernikahan dengan Prabu Wicitrawirya juga berlangsung sangat singkat karena Prabu Wicitrawirya meninggal. Kemudian mereka berdua dinikahkan lagi dengan Begawan Abiyasa yang menjadi penerus kerajaan Astina.

Suami ketiga Dewi Ambika dan Dewi Ambalika sudah tua dan tidak tampan. Karena itulah kedua putri cantik tersebut tidak mencintai Begawan Abiyasa. Tetapi mertua mereka Dewi Durgandini mendesak mereka berdua agar rela menjadi istri Begawan Abiyasa dan harus mendapatkan keturunan, demi kelangsungan Dinasti Bharata.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN