Maulid Syaraful Anam Lengkap (Teks Arab)

 
Maulid Syaraful Anam Lengkap (Teks Arab)
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Salah satu kitab Maulid Nabi yang bisa jadi menjadi inspirasi ditulisnya berbagai kitab maulid belakangan ini, tidak lain adalah Maulid Syaraful Anam. Kitab ini dikarang oleh salah seorang ulama terkemuka ahli sastra dan juga ahli hadis, yakni As-Syaikh Al-Imam Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Qasim Al-Maliki Al-Bukhari Al-Andalusi Al-Mursi Al-Lakhmi Al-Hariri, yang kemudian masyhur dikenal dengan sebuatn Al-Hariri. Beliau termasuk ulama yang hidup semasa dengan Wahiduddin Abdurahman Ibn Ad-Diba’ As-Syaibani, pengarang Maulid Ad-Diba’i, sekitar paruh pertama abad ke-9 Hijriyah.

Sebagain ulama menganggap bahwa Maulid Ad-Diba’i merupakan ringkasan dari Maulid Syaraful Anam. Bisa jadi anggapan ini benar, tapi tidak bisa dipastikan sepenuhnya. Tapi bagaimanapun memang Maulid Syaraful Anam lebih dulu dikarang oleh Al-Hariri, dan Ibnu Ad-Diba’i pun memujinya sebagaimana yang disampaikan oleh Abu As-Sadat Al-Fakihi Al-Makki murid Ibnu Ad-Diba’i yang menemukan suatu catatan terkait pujian Ibnu Ad-Diba’i atas Maulid Syaraful Anam karya Al-Hariri tersebut.

Meskipun kalah populer di kalangan umat Islam, khususnya di Indonesia, tetapi Maulid Syaraful Anam adalah inspirasi bagi kitab-kitab maulid lainnya yang justru lebih populer. Beberapa penggalan syair yang ada di dalam Maulid Syaraful Anam sering juga ditemukan disertakan atau diselipkan di dalam kitab-kitab maulid yang terinspirasi belakangan itu. Karena itu, bagaimanapun Maulid Syaraful Anam tetap sangat istimewa dan penuh keberkahan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN