Pesantren Nurul Huda Kertawangunan, Kuningan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Nurul Huda Kertawangunan, Kuningan

PROFIL

Pesantren Nurul Huda Kertawangunan didirikan oleh KH. Abdul Syukur pada tahun 1991, berlokasi di Blok Tarikolot, Desa Kertawangunan, Sindangagung, Kuningan. Sebuah kawasan yang dibangun oleh Pesantren Nurul Huda Kertawangunan sebagai pusat pengembangan Ilmu Qur’an, Kitab Kuning, pelatihan berwawasan keislaman dan menjadi sentral Penghafal Al Qur’an.

Nama “Nurul Huda” berawal dari nama mushola yang kemudian dijadikan nama lembaga pesantren oleh Buya Syukur. Nurul Huda sendiri memiliki makna “Cahaya Petunjuk”. Sedangkan 522 ialah nomor pemukiman santri, karena pada saat itu Buya dimukimkan oleh Almukarom KH. Khoir Affandi dari Miftahul Huda Manonjaya. Secara filosofis, sesuai namanya eksistensi Pesantren Nurul Huda Kertawangunan ini diharapkan dapat menjadi “Cahaya Petunjuk dari Allah SWT” bagi umat Nabi Muhammad SAW.

Pada awalnya Buya diamanahkan untuk mengelola mushola oleh pamannya yang bernama Haji Syuhada yang sekarang bertempat tinggal di Rangkasbitung. Haji Syuhada diwariskan oleh ayahnya sebuah mushola kecil yang berukuran 6 x 5 M di Kertawangunan, akan tetapi karena beliau memiliki usaha dan bermukim di Rangkasbitung, maka beliau menitipkan untuk Buya yang baru keluar dari pesantren agar bisa meneruskan pendidikan dan mengelola mushola itu.

Pada tahun 1991, Nurul Huda resmi sebagai pesantren dengan bangunan pertama adalah sebuah masjid dan madrasah yang merupakan hibah wakaf dari Haji Syuhada. Kemudian pembangunan pesantren dilanjutkan oleh buya dengan membuat asrama santri karena adanya antusias dari tetangga desa, seperti Tirtawangunan, Babakanreuma dan Dukuh Lor. Para santri mulai berdatangan dan ingin mesantren sekaligus bertempat tinggal di Blok Tarikolot. Dari bangunan awal itulah perluasan terus dilakukan hingga tahun 2020, Pesantren Nurul Huda dapat membangun kampus II, berlokasi di Blok Cipetir, Kertawangunan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.