Ziarah di Makam Tengku Abi, Masyayikh Pesantren (Dayah) Mudi Mesra

 
Ziarah di Makam Tengku Abi, Masyayikh Pesantren (Dayah) Mudi Mesra

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Abi Hanafiah atau yang kerap disapa dengan panggil Teungku Abi beliau adalah ulama besar di Bireuen, Aceh, beliau juga pimpinan Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. 

Teungku Abi dikenal sebagai sosok yang zuhud dan hidupnya sederhana. Beliau sering berkhulwah (mengasingkan diri) memfokuskan diri dalam beribadah kepada Allah Swt. Tgk. Abi juga sering berpuasa. Salah satu kebiasaan Teungku Abi, beliau selalu berbuka puasa di dayah dan mengajak santri menemaninya setelah Ummi Juwairiyah menyiapkan makanan buka puasa kepada Teungku Abi, makanan itu selalu dibawanya ke dayah agar suasana keakraban dengan santri lebih terasa. Bila ada orang yang menyumbangkan kain sarung kepada Teungku Abi, beliau akan memakainya walau hanya satu kali. Setelah itu sarung-sarun itu dihadiahkan kepada orang lain.

Salah satu hal yang membuat nama Teungku Abi selalu terdengar hingga sekarang adalah sumur yang dido’akan oleh Teungku Abi hingga sekarang menjadi sumber air minum bagi santri-santri yang belajar di dayah MUDI Mesra. Sumur ini dido’akan oleh Teungku Abi agar layak diminum oleh santri dan menyehatkan. Alhamdulillah, Santri dayah MUDI tidak perlu memasak air atau membeli air minum isi ulang karena air sumur yang dido’akan oleh Teungku Abi cukup untuk seluruh santri MUDI yang kini mencapai 7000 orang. Dulunya sumur ini dapat dilihat dengan jelas, namun setelah perluasan Mesjid Raya Samalanga pada awal 2010, sumur ini sedikit tertutup karena sudah masuk dalam bagian mesjid.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN