Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Meningkatkan Self Discipline?

 
Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Meningkatkan Self Discipline?

Assalamu'alaikum wr wb

Saya,mahasiswi S2,tapi ngerasa tidak disiplin. Saya termasuk orang yang self-discipline-nya rendah. Kerjaan sering ndak beres tepat waktu. Sudah pernah coba bikin journal supaya lebih rapi time management-nya.

Saya pilih bullet journal dengan sedikit doodling dan mewarnai karena saya pernah baca katanya coloring bisa jadi salah satu terapi untuk reduce anxiety. Tapi semua itu cuma bertahan 2-3 bulan. Mungkin ada cara lain untuk meningkatkan self-discipline sehingga banyak kerjaan bisa selesai dalam satu waktu sempit?

Masalahnya saya pernah membandingkan hasil tulisan saya yg dikerjakan jauh-jauh hari dan dikerjakan mendadak, hasilnya fluktuatif. Maksud saya yg mendadak ini kadang dapat nilai bagus kadang enggak haha jadi kayanya ini juga yg kadang jadi motivasi untuk prokrastinasi, "halah, kemaren ngerjain mepet bisa dapet bagus. Nanti nanti aja lah" gitu sukanya saya mikirnya. Terima kasih Pak.

Wassalamu’alaikum wr wb

 

Jawaban:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa yang dialami Anda, dalam psikologi disebut prokastinasi, sebuah kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan.  Memang ada sebagian orang yang merasa lebih tertantang ketika mengerjakan tugasnya menjelang deadline.  Mereka beranggapan di saat itu, mereka justru bisa fokus untuk bekerja.  Apa yang Anda pernah lakukan sebenarnya...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni