Syaikh Ali Jum’ah Menyerukan agar Selalu Menebar Kasih Sayang, Meneladani Akhlak Baginda Nabi

 
Syaikh Ali Jum’ah Menyerukan agar Selalu Menebar Kasih Sayang, Meneladani Akhlak Baginda Nabi
Sumber Gambar: FB/DrAliGomaa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam sebuah kesempatan menyampaikan ceramah, Syaikh Ali Jum’ah pernah mengatakan “Yang hilang dari kita adalah pendidikan ala Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan nilai-nilai, moral, hukum, akidah dan cara hidup dengan simpel dan mudah.”

Syaikh Ali Jum’ah menjelaskan bahwa Baginda Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita tentang kasih sayang dan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika membuka Al-Qu’ran, maka ayat pertama yang akan kita jumpai di dalamnya tidak lain adalah (بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ). Dengan ayat itulah sesungguhnya kita dikenalkan Allah sebagai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Lalu ketika kita mengamati dengan seksama bagaimana firman Allah melukiskan sosok Baginda Nabi Muhammad, maka kita temukan ayat (وَمَآ أَرۡسَلۡنَٰكَ إِلَّا رَحۡمَةٗ لِّلۡعَٰلَمِينَ) yang artinya, “Kami tidak mengutusmu melainkan untuk menebar kasih sayang untuk semesta alam.”

Dalam belajar Hadis, sebagaimana diajarkan oleh para guru, maka yang diperdengarkan pertama kali tidak lain adalah Hadis Awwaliyah, yang berbunyi:

اَلرَّاحِمُوْنَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى اِرْحَمُوْا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN