Biografi Drs. KH. Cholil Dahlan, Pengasuh pesantren Darul Ulum Rejoso

 
Biografi Drs. KH. Cholil Dahlan, Pengasuh pesantren Darul Ulum Rejoso

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Menjadi Pengasuh Pesantren

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Karier Beliau

4.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir

Drs. KH. Cholil Dahlan merupakan anak pertama dari pasangan KH. Dahlan Cholil dan Nyai Hj. Zubaidah/Sholihah (istri kedua), lahir di Jombang, 6 Maret 1953. Beliau bertempat tinggal di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso PeteronganJombang. Drs. KH. Cholil Dahlan merupakan ketua umum majelis pimpinan Darul Ulum masa periode sekarang (2016-2025).

1.2 Riwayat Keluarga

Pada masa dewasa, Drs. KH. Cholil Dahlan menikah dengan Nyai Ainatus Sya‘diyah dan dikaruniai Empat anak yaitu:

  1. Dian Ruhus Zuhdiyati
  2. Wulan Ruhunnatiqo Hiriyati
  3. Titian Rukhiyatillah R,
  4. Meutia Ruluhi Tsania.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Semasa kuliah, beliau juga bergabung di beberapa organisasi. ”Menurut saya, bergabung dalam organisasi sangat penting, selain bisa mempererat tali persaudaraan, juga bermanfaat ketika kita pulang ke rumah atau ketika kita terjun di masyarakat,” ujar beliau.

Setelah lulus IAIN, Drs. KH. Cholil Dahlan memilih pulang kampung untuk mengikuti beberapa kursus pendek baik Bahasa Arab, Inggris maupun kajian kitab. Selama masa itu pula, beliau sering mengikuti kegiatan ngaji di beberapa daerah.

Misalnya di Pondok Tretek Pare Kediri, lalu ngaji kitab Riyadus Solihin oleh KH. Ali Maksum di Pondok Krapyak Jogjakarta maupun ngaji Kitab Hikam oleh Kiai Utsman di Pondok Pesantren Darul Ubudiyah Raudlatul Muta’alimin di Surabaya Utara. Dia merasa bangga kala bisa bertemu dengan banyak kiai sepuh.

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. KH. Ali Maksum di Pondok Krapyak Jogjakarta
  2. Kiai Utsman di Pondok Pesantren Darul Ubudiyah Raudlatul Muta’alimin di Surabaya

2.3 Menjadi Pengasuh Pondok Pesantren

Sejak remaja Drs. KH. Cholil Dahlan melanjutkan studinya di IAIN Sunan Ampel Surabaya mulai 1970 hingga 1975. Dalam proses perkuliahan beliau sering pulang dan pergi dari Jombang ke Surabaya setiap harinya karena saat itu beliau sudah diamanahi untuk mengajar para santri di Pondok Darul Ulum. Setelah melakukan perkuliahan, Drs. KH. Cholil Dahlan diutus oleh ibunya kembali ke rumah untuk melanjutkan mengajarnya di Pondok atau istilahnya sudah ditunggu para santri untuk mengaji, beliau saat ini menuruti kata ibu

Drs. KH. Cholil Dahlan yang mana beliau menggantikan ayahnya untuk membina madrasah Takhasus Al-Qur’an dan ilmu tafsir. Beliau bertempat tinggal di Rejoso, Peterongan, Jombang yang berdiri hari selasa 16 Jumadil Akhir 1406 25 Februari 1986. Dari sinilah beliau menempati sebuah rumah dan mendirikan sebuah asrama Ardales.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

Drs. KH. Cholil Dahlan merupakan sosok ulama yang suka dengan kegiatan-kegiatan organisasi, dimulai dari masa remaja ketika masih diperkuliahan beliau merupakan anggota IPNU, HMI, PMII hingga saat ini aktif dalam ke pengurusan MUI Kabupaten Jombang dan Kepengurusan Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum.

Drs. KH. Cholil Dahlan saat ini termasuk Kiyai Sepuh yang disegani oleh para santri dan masyarakat pada umumnya karena kewibawaanya menjadi hati kita tenang ketika bertemu beliau. Penyampaian dakwahnya juga mauidhotil hasanah, dengan lemah lembut, dengan cerita-cerita yang menginspirasi dan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh seluruh kalangan menjadi Drs. KH. Cholil Dahlan memiliki cukup banyak jumlah santrinya.

3.1 Karier Beliau

Karier Drs. KH. Cholil Dahlan, di antaranya:

  1. Ketua Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Peterongan Jombang.
  2. Ketua MUI Jombang 2 Periode
  3. menjadi ketua 1 PCNU Jombang sekitar 90-an
  4. Menjadi Penasehat Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Jombang.

4. Referensi

  1. https://ponpesdarululum.id/
  2. https://jombang.nu.or.id/
  3. https://radarjombang.jawapos.com

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya