Seputar Sanad Resmi Mars Syubbanul Wathon dan Syarahnya

 
Seputar Sanad Resmi Mars Syubbanul Wathon dan Syarahnya
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Konon pemilik sanad resmi Mars Syubbanul Wathon adalah H. Nusron Wahid. Ketika masih menjabat sebagai ketua Ansor (2011-2015), beliau pernah sowan kepada KH. Maimoen Zubair dan mendapatkan sanad Mars Syubbanul Wathon tersebut langsung dari murid KH. Wahab Chasbullah, yakni Maimoen Zubair.

Mars Syubbanul Wathon adalah lagu yang digubah oleh KH. Wahab Chasbullah. Dalam pengakuan Mbah Maimoen, saat dulu masih nyantri di Pesantren Tambak Beras, Jombang, beliau mengisahkan bahwa Mars Syubbanul Wathon selalu dinyanyikan oleh para santri sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Dari sinilah lagu patriotik itu masih terus membekas yang kemudian disampaikan kepada H. Nusron Wahid bersama Gus Yaqut. Bahkan menurut penuturan Gus Yasin dalam sebuah acara bershalawat bersama Habib Syech As-Segaf, dikatakan dengan tegas bahwa pemilik sanad Mars Syubbanul Wathon secara muttashil resmi adalah H. Nusron Wahid ketika masih menjabat sebagai ketua Ansor.

KH. Maimoen Zubair pernah menyampaikan kisah menarik terkait Mars Syubbanul Wathon dalam sebuah pengajian bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Dulu di zaman ayahnya, yakni KH. Zubair, dikatakan bahwa Mars Syubbanul Wathon menjadi lagu yang dinyanyikan dengan semangat oleh para santri Sarang sebelum dimulainya belajar di MGS (Madrasah Ghozaliyyah Syafi’iyyah). Beliau juga menuturkan, bahwa ayahnya itu sangat fanatik dengan Mbah Wahab yang menggubah Mars Syubbanul Wathon tersebut. Bahkan KH. Zubair menggunakan irama dan sebagian syair dalam Mars Syubbanul Wathon itu ketika membaca Maulid Barzanji.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN