Pesantren Al-Falah Jeblog Blitar

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Falah Jeblog Blitar

PROFIL

Pondok pesantren Al-Falah berlokasi di desa Jeblog, Talun, Blitar. bermula ketika KH. Muhammad Ardani Ahmad kelahiran Banyuwangi Bersama sang istri yaitu Nyai Hajah Siti Zulaihah kelahiran Blitar, keduanya adalah santri pondok pesantren Al-Falah, Ploso, Mojo Kediri. Pada tahun 1986 KH. Muhammad Ardani Ahmad bersama istri mendapat restu dari para pengasuh pondok pesantren Al-Falah Ploso Kediri.

Untuk berjuang ditengah-tengah masyarakat desa Jeblog, Talun Blitar. Pondok pesantren Al-Falah sendiri dibangun di atas tanah wakaf yang terdiri dari gedung sekolah sebuah masjid, rumah Kyai, kamar para santri, koperasi atau sirkah, Pondok kamar Ustaz, kantor ruang tamu, kamar mandi, dan lain-lain yang menunjang aktivitas belajar mengajar santri.

Pada awal berdirinya pondok pesantren Al-Falah diawali dari sebuah mushola yang didirikan pada tahun 1987, adapun pengasuhnya adalah langsung dipegang oleh KH. Muhammad Ardani Ahmad sebagai pendiri pondok pesantren Al-Falah walaupun tergolong masih awal akan tetapi pada tahap perkembangannya Pondok ini bisa dibilang cepat seiring dengan perkembangan zaman pondok pesantren Al-Falah ini semakin bertambah jumlah muridnya sehingga timbul pemikiran dari Kiai untuk mendirikan lembaga penunjang lainnya.

Memasuki tahun ketiga berdirinya pondok pesantren ini para santri yang berdatangan untuk menimba ilmu tidak hanya dari masyarakat sekitar Blitar saja akan tetapi juga berasal dari luar daerah kabupaten Blitar seperti Malang, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Tulungagung, Kediri, bahkan juga dari Rembang Jawa Tengah Lampung, Sumatera dan Kalimantan tahap demi taha pondok pesantren Al-Falahr ini mengalami kemajuan.

Hal ini terbukti dengan berduyun-duyunnya para santri yang menimba ilmu di pesantren tersebut di samping itu dengan dibukanya asrama putra semakin meningkatkan jumlah santri begitu juga santri-putri yang pada awal dibukanya pondok pesantren putri hanya sedikit dan pada tahun kedua semakin bertambah banyak dengan bertambahnya para santri dan juga dengan dibukanya Pondok Putri maka sudah tentu dituntut juga untuk menambah berbagai sarana berupa gedung-gedung pemondokan serta gedung-gedung Madrasah bahkan sampai saat ini proses pembangunan baik asrama maupun gedung Madrasah masih terus dilakukan.

Perkembangan ini juga terlihat dengan mulai dibukanya sekolah menengah pertama atau SMP yang untuk pertama kalinya mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada tahun ajaran baru 2012-2013 dan pada tahun ajaran 2015 membuka sekolah menengah atas atau SMA pondok pesantren Al-Falah beralamatkan di jalan Semboja nomor 35 Dusun pundansari RT 04 RW 01 Desa Jeblog, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar bila ditinjau dari segi geografisnya pondok pesantren ini berada di suatu desa yang jaraknya kurang lebih 12 Km sebelah timur dari Kota Blitar tepatnya berada di Desa Jeblok, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar untuk memperjelas letak Pondok Pesantren Alfalah jeblok Talun Blitar.

Kurikulum pondok pesantren Al-Falah Jeblog adalah pelajaran-pelajaran Pondok Salaf seperti kurikulum yang berlaku di pondok pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri berisi pelajaran-pelajaran akhlak, tajwid, alQur'an Nahwu, sharaf, fikih, tauhid, balaghah, Faraid, hadis dan tasawuf, sesuai dengan tingkatan kelas yang telah diatur sedemikian rupa agar dapat dengan mudah dikuasai oleh santri baik santri pemula atau mubatadi, maupun santri kawakan. program tahfid, pondok pesantren  Al-Falah Jeblog juga menerima santri tahfidz baik butra maupun putri yang dibimbing langsung oleh Putri pengasuh yaitu Ning Mufidah Ardani dan Ning Nailah Amaliah Ardani.

Pendiri

  1. KH. Muhammad Ardani Ahmad 
  2. Nyai Hajah Siti Zulaihah

Pengasuh

  1. KH. Muhammad Ardani Ahmad 
  2. Nyai Hajah Siti Zulaihah
  3. Ning Mufidah Ardani
  4. Ning Nailah Amaliah Ardani

Unit Pendidikan

  1. SMP Darul Falah
  2. SMA Darul Falah
  3. Tahfidz Al-Qur'an 
  4. Madrasah Diniyah

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Al-Falah memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :

  1. Tahfidz Al Qur'an
  2. Pembinaan Tahsin Al Qur'an
  3. Seni Baca Al Qur'an
  4. kajian kitab kuning
  5. Bahtsul Masail
  6. Diskusi dan penelitian ilmiah
  7. Pramuka
  8. Paskibra
  9. PMR
  10. Hadrah
  11. Banjari
  12. Pidato tiga bahasa yakni bahasa Indonesia bahasa Arab dan bahasa Inggris
  13. Kaligrafi
  14. Jurnalistik
  15. Olahraga: Senam, Sepakbola, Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, Silat, Atletik, Memanah      
  16. Pelatihan interpreneur: Pelatihan Pertanian, Peternakan, Perikanan, Desain Grafis, Menjahit, Komputer, Teknik Komputer, Desain Grafis


Para santri Al-Falah muthola'ah kitab bersama pengasuhnya di pesantren Al-Falah


Pelatihan komputer di BLKK pesantren Al-Falah

FASILITAS

Pesantren Al-Falah memiliki fasilitas meliputi:

  1. Ruang Kelas
  2. Ruang Guru
  3. Ruang T.U.
  4. Ruang Ka. TU
  5. Ruang Ka. Madrasah
  6. Ruang BP/BK
  7. Ruang OSIS
  8. Perpustakaan
  9. Laboratorium IPA
  10. Laboratorium Komputer
  11. Laboratorium Bahasa
  12. U K S
  13. Koperasi
  14. Sanggar Pramuka
  15. Sanggar Kesenian
  16. Mushola


Gedung pesantren di pesantren Al-Falah


Gedung BLKK di pesantren Al-Falah

ALAMAT

Jalan Semboja nomor 35 Dusun pundansari RT 04 RW 01 Desa Jeblog, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Kode Pos : 66183
Telepon    : (0342) 441502
HP          :
0857-3644-3802

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: Pesantren Al-Falah Jeblog

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.