Biografi KH. Amiruddin Mu’in, Pendiri Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Sidoarjo

 
Biografi KH. Amiruddin Mu’in, Pendiri Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Sidoarjo

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Mendirikan Pesantren

4.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Amiruddin Mu’in merupakan pendiri Pondok Pesantren Sabilur Rosyad dan Yayasan Pendidikan Sabilur Rosyad Al Utsmani, beliau lahir di Sidoarjo tanggal 22 Maret tahun 1950, beliau merupakan pasangan KH. Abdul Mu’in dan Hajah Alimah, beliau anak pertama dari tiga saudara, Kyai Abdul Hamid sedangkan yang kedua bernama Nyai Mutmainnah (meninggal pada saat umur 3 tahun) Keluarga beliau merupakan keluarga yang terpandang dan terkenal santun serta dermawan, masa kecil beliau juga normal seperti masa kecil pada umumnya.

1.2 Riwayat Keluarga
KH. Amiruddin Mu'in bertemu dengan Nyai Nurul Magfiroh pada umur 24 tahun dan pada umur 26 tahun beliau menikahi Nyai Nurul Maghfiroh di Kota Solo, pada tahun 1966 Nyai Nurul Maghfiroh melahirkan anak pertama mereka, seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Aunillah. Kemudian pada tahun 1975 Nyai Nurul Maghfiroh melahirkan anak kedua yang diberi nama Nur Fadhilah.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Saat kecil beliau sekolah di sekolah rakyat yang tidak berlangsung lama, kemudian beliau menuntut ilmu selama 3 tahun di Pesantren Tambak Beras Jombang. Setelah itu beliau berpindah tempat ke Banten, yakni di Pondok Pesantren Luhur Dondong, dengan karena belum puas akan ilmu yang beliau dapat dari pesantren tersebut.

Setelah dari Banten beliau berpindah ke Jawa Tengah, yakni di Pondok Pesantren Nurul El–Falah. Di Jawa Tengah beliau dikenal sebagai sosok orang yang mampu menguasai beberapa bahasa seperti bahasa Arab, Sunda, Madura, dikarenakan pada saat itu beliau merupakan orang yang mudah bergaul.

2.2 Guru-Guru

  1. KH. Abdul Mu’in
  2. KH. wahab Chasbullah

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Mendirikan Pondok Pesantren
Pondok Pesantren Sabilur Rosyad merupakan lembaga pendidikan non formal yang didirikan sejak tahun 1992 M/1412 H, oleh pasangan KH. Amiruddin Mu’in & Ibu Nyai Nurul Maghfiroh. Terletak di pusat Kota Sidoarjo, Pondok Pesantren Sabilur Rosyad telah mendapat kepercayaan dan perhatian masyarakat dari berbagai daerah.

Dengan sistem pendidikan tradisional yang disesuaikan dengan keadaan zaman, Pondok Pesantren Sabilur Rosyad selalu mempertahankan nilai-nilai luhur kepesantrenan dan terus melakukan pengembangan dan perubahan seiring dengan dinamika dan tuntutan global.

5. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: https://sabilurrosyad.n.nu/

Artikel ini sebelumnya dibuat pada tanggal 19 November 2023 dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 22 Maret 2024

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya