Biografi KH. Fattah, Pendiri Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang

 
Biografi KH. Fattah, Pendiri Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Mendirikan Pondok Pesantren

4.    Karir-Karir
5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Fattah kelahiran Malang. Tepatnya di daerah betek, Jl. Mayjend Panjaitan. Abahnya, Kyai Daim Tjitronegoro juga asli Malang. Tidak ada data yang pasti kapan persisnya Kyai Fattah lahir.

1.2 Wafat
KH. Fattah wafat, untuk kembali menghadap Yang Maha Kuasa pada tanggal 12 Maret 2006 yang bertepatan dengan tanggal 11 bulan Shafar 1427 H. Jenazah beliau dimakamkan di area Pondok Pesantren Bahrul Maghfirah.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
KH. Fattah tidak mengaji secara formal di sebuah pesantren. Namun Beliau mengaji keliling dari ulama yang satu ke ulama yang lain. Tidak hanya mengaji syariat, tapi juga mengaji ke beberapa ulama yang bisa menunjukkan hakikat ajaran Allah. Mujahadahnya dalam ngaji dan riyadhoh, mengantarkan beliau mendapat ilmu laduni.

Meski tidak belajar membaca kitab, tapi beliau bisa menerangkan isi kitab itu. Meski tidak belajar menulis arab, beliau bisa menulis, bahkan banyak catatan-catatan beliau yang kini disimpan salah satu putranya. Kyai Fattah juga diberi keistimewaan bisa pergi ke tempat jauh dalam waktu sekejap. Ketika ditanya oleh putranya, beliau menjelaskan bumi dilipat oleh Allah SWT. Dan tidak ada yang mustahil bagi Allah. Ibarat bola dunia yang diskalakan menjadi kecil.

2.2 Guru Beliau
Kyai Daim Tjitronegoro,

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah
Selain keliling ke beberapa tempat, setiap malam Jum'at Legi, KH. Fattah juga membuka majelis dzikir di rumahnya di Jl. Mayjen Panjaitan IX. Meski jama'ah yang hadir tidak banyak beliau tetap istiqomah. Beliau mengajak jama'ah untuk istighotsah, yasinan dan tahlilan. Dalam pengajiannya, Kyai Fattah lebih suka mengajar tentang ibadah, utamanya shalat, karena ini kewajiban utama umat Islam.

Meski diberi kemampuan lebih, KH. Fattah tetap membumi. Untuk mencukupi nafkah keluarganya, Beliau tetap melakukan ikhtiar lahir dengan cara bekerja untuk mememenuhi nafkah keluarga. Beliau pernah usaha jualan minyak tanah beberapa tahun, dan juga pernah punya bemo yang dijalankan oleh sopirnya, kadang kalau tidak ada sopir, beliau sendiri yang mengemudi bemo tersebut. Alhasil beliau tidak mau berpangku tangan.

KH. Fattah juga memposisikan dirinya sebagai orang biasa. Dalam bermasyarakat, Beliau bisa berbaur dengan siapa saja. Beliau bahkan pernah menjadi ketua RT dan Kepala Kelurahan Penanggungan. Tidak heran jika beliau memahami betul kondisi dan situasi di masyarakat. Di samping itu, Kyai Fattah juga sosok yang sangat menghargai orang lain. Beliau mau menerima tamu kapan saja. Meskipun di pagi hari, saat Beliau baru tidur beberapa menit, kalau dibisiki ada tamu beliau segera bangun untuk menemui dan menghormati sang tamu.

Tamu beliau bermacam-macam, apalagi Kyai Fattah juga dikenal biasa mengobati seperti tabib. Bukan hanya mereka yang ingin berobat, bahkan tamu yang ingin didoakan usahanya lancar, hajatnya terkabul. Semua dilayani, beliau tidak mudah memarahi atau menyalahkan. Dibimbing pelan-pelan lalu didoakan.

Bagi beliau, semua orang dengan karakter dan model yang bermacam-macam itu hakikatnya ya iradah terjadi atas kehendak Allah SWT. Semua makhluk Allah yang harus dihormati. Kalau kita menghina berarti kita menghina sang pencipta.

3.1 Mendirikan Pondok Pesantren
KH. Fattah merupakan pendiri pesantren Bahrul Maghfiroh Malang.

4. Karir-Karir

  1. Pengasuh pesantren Bahrul Maghfiroh Malang
  2. Pengasuh majelis dzikir di Malang
  3. Menjadi Mutasyar NU Kota Malang

5. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh

Artikel isi sebelumnya dibuat pada tanggal 20 November 2023 dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 12 Maret 2024

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya