Interaksi Kehidupan antara Orang yang Telah Mati dengan Orang yang Masih Hidup

 
Interaksi Kehidupan antara Orang yang Telah Mati dengan Orang yang Masih Hidup
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Ketika seseorang meninggal dunia, kita seringkali terpaku pada kenangan indah yang pernah dilalui bersama. Namun, di balik kesedihan yang menyelimuti setiap kepergian, tentu terdapat kekuatan yang luar biasa dalam tindakan sederhana yang dapat dilakukan, yaitu dengan berdoa untuk mereka yang telah pergi.

Mendoakan orang yang telah meninggal bukan hanya sekadar tradisi keagamaan, tetapi juga sebagai bukti kecintaan dan penghormatan yang mendalam. Karena itu sangat penting mendoakan orang-orang yang telah berpulang untuk menggali makna spiritual di baliknya. Dan secara tidak langsung dapat memberikan kenyamanan bagi kita yang masih berada di dunia ini.

Terdapat suatu kisah di dalam kitab yang berjudul Mawaidhul ‘Ushfuriyyah pada Hadis yang ke-15. Suatu ketika ada seorang ulama bernama Syaikh Tsabit Al-Banani. Beliau sangat alim dan juga mempunyai sebuah amalan yang dilakukan dengan sangat istiqomah. Setiap malam Jumat, beliau pergi ke kuburan untuk melakukan ziarah kubur. Di tempat itu, beliau berdoa sampai menjelang subuh.

Pada suatu malam Jumat, beliau merasa sangat lelah. Ketika itu beliau tertidur lelap di pemakaman tersebut. Lalu di dalam mimpinya, beliau menemukan seluruh penghuni kubur yang telah meninggal keluar dari kuburannya masing-masing. Syaikh Tsabit melihat mereka dengan pakaian yang bagus-bagus, wajah-wajah mereka pun terlihat ceria dan bercahaya, lalu mereka semua menerima nampan-nampan yang berupa hidangan yang bercahaya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN