Al-Qur’an Mengajarkan Cara Bergaul dengan Orang Tua

 
Al-Qur’an Mengajarkan Cara Bergaul dengan Orang Tua
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam berbagai hal, Al-Qur’an kerap menyinggung keharusan manusia untuk berbuat baik kepada orang tuanya. Selain oleh Allah tindakan ini dinilai sebagai ibadah, manusia harus banyak berterimakasih karena orangtua merupakan aktor penting dalam membesarkan jiwa dan rohaninya, dan tentu saja hal tersebut butuh pengorbanan yang besar. Namun posisi ibu lebih istimewa ketimbang ayah, karena ibu lebih banyak menanggung beban, baik ketika mengandung hingga melahirkan. Hal ini langsung disuarakan Al-Qur’an dalam Surat Al-Isra’ ayat 23:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

”Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Beberapa mufassir mengatakan bahwa mengucapkan kata ”ah” (sebagian menyebut ”cis”, ”uf”, atau kata-kata kasar lainnya) kepada orang tua tidak dibolehkan oleh agama, apalagi memperlakukan mereka dengan lebih kasar. Juga, yang perlu diperhatikan oleh kaum muda-mudi sekarang adalah, yaitu semestinya menaati orang yang lebih tua ketika bergaul, sekalipun tidak ada perintah khusus kecuali kepada orang tua.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN