Inspirasi Gaya Hidup Nabi, Gaya Hidup Sehat Lahir dan Batin

 
Inspirasi Gaya Hidup Nabi, Gaya Hidup Sehat Lahir dan Batin
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Nabi Muhammad SAW adalah makhluk terbaik duni akhirat. Setiap tindakannya adalah keteladanan, baik berupa tutur kata maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang diucapkan dan dilakukan selalu selaras, tak pernah kontradiksi. Karena itu beliau adalah teladan dalam segala hal kehidupan yang dijalani oleh selayaknya manusia, sebab Nabi Muhammad SAW sendiri adalah manusia.

Tetapi jangan salah, Nabi Muhammad SAW memang juga manusia, tapi tidak seperti manusia pada umumnya. Beliau ibarat intan permata di antara bebatuan. Karena itu ada kekhususan yang tidak diperuntukkan kepada selain beliau dan memang tidak untuk diikuti, bahkan haram dilakukan oleh selain beliau, seperti menikah dengan lebih dari empat perempuan dan puasa wishol (sehari semalam tidak makan sama sekali).

Dalam sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW, kita akan menemukan fakta bahwa beliau jarang sekali jatuh sakit. Bahkan, beliau merasakan sakit hanya ketika menjelang wafatnya karena diriwayatkan terkena sebuah sihir yang memang ditakdirkan oleh Allah SWT demikian. Namun, jika ditelusuri lebih dalam, gaya hidup Nabi Muhammad SAW yang sehat itulah yang menjadi rahasia kebugaran dan kesehatannya.

Banyak sekali ajaran Nabi Muhammad SAW yang secara tidak langsung dapat menjadi alternatif hidup sehat tanpa obat-obatan yang berarti. Beliau pernah bersabda:

صُوْمُوْا تَصِحُّوْا

“Berpuasalah kamu, maka akan sehat

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN