Info Harian Laduni: 12 Desember 2023

 
Info Harian Laduni: 12 Desember 2023

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Selasa, 12 Desember 2023 bertepatan dengan hari lahir KH. Hasan Bisri Syafi'i Karawang, KH. Noor Hadi, Muassis Pesantren Raudlatul Hufadz Bali dan hari wafat KH. A. Rifa’i Romly.

KH. Hasan Bisri Syafi'i Karawang
KH. Hasan Bisri Syafi'i lahir pada 12 Desember 1947 di Kampung Poponcol Desa Ciwulan, Kecamatan Telagasari, Karawang, Jawa Barat. Beliau merupakan putra bungsu dari lima bersaudara, dari pasangan Mama KH. Syafi'i dan Umi Hj. Aminah. KH. Hasan Bisri Syafi’i wafat pada Ahad subuh tanggal 26 Februari 2017.

Dari pihak ayah, KH. Hasan Bisri Syafi'i adalah putra dari KH. Syafi'i putra dari Mbah Jausin putra dari Mbah Nakiin putra dari Mbah Jasiun (aki kidul) yang berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Sementara dari pihak ibu, KH. Hasan Bisri Syafi'i bin Umi Hj Aminah binti One binti Uyut Arfin bin Tol Asimun bin Eyang Sugiri bin Pangeran Jayakarta seorang bangsawan dari Jakarta.

Di masa kecil, Kyai Hasan belajar Al-Qur’an langsung dari ayahnya sendiri Mama KH. Syafi'i yang yang memang dikenal sebagai kyai kampung yang rajin mengajar di masjid dan majlis Ta'lim At-Tarbiyyah yang didirikannya. Kyai Hasan mengenyam pendidikan formal hanya sampai kelas 5 SR (sekolah rakyat).

Pada tahun 1969, ketika masih nyantri di cipasung, Hasan dinikahkan oleh ayahnya dengan seorang gadis dari Jatiragas, Jatisari, putri keempat seorang pengusaha beras H. Abdul Majid dengan Hj Siti Zaenab, bernama Lilis Mardliyyah. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN