Info Harian Laduni: 14 Desember 2023

 
Info Harian Laduni: 14 Desember 2023

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Kamis, 14 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Lahir KH. Noor Ahmad Jepara dan Hari Wafat KH. Hasan Thuba.

KH. Noor Ahmad Jepara
KH. Noor Ahmad lahir pada hari Kamis Kliwon, 14 Desember 1932 M/19 Rajab 1351 H, di Robayan, Jepara. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Shiddiq bin Saryani dan Nyai Hj. Sawinah.

Kyai Noor Ahmad memulai pendidikannya dengan belajar di madrasah yang ada di kampung halamannya. Setelah selesai, beliau melanjutkan dengan belajar di Madrasah Tsanawiyah Tasywiq Al-Thullab Salafiyah (TBS) Kudus.

Ketika duduk di bangku Madrasah TBS, Kyai Noor Ahmad menekuni Ilmu Falak. Beliau belajar ilmu Falak menggunakan kitab Falak karangan KH. Mawardi Solo. Pada masa itu, beliau menyalin kitab tersebut dengan tinta tutul yang digunakan santri zaman dahulu untuk memberi makna kitab kuning.

Keistimewaan cara belajar Kyai Noor Ahmad kepada Mbah Toor (sapaan akrap KH. Turaichan Adjhuri asy-Syarofi) adalah, beliau belajar langsung tanpa memakai kitab panduan.

Setelah menamatkan pendidikannya di Kudus, Kyai Noor Ahmad remaja kemudian berkelana ke pesantren-pesantren lain di Jawa. Di antara pesantren yang pernah disinggahi ialah 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN