Jejak Agama Hanif di Tengah Masyarakat Jahiliyah

 
Jejak Agama Hanif di Tengah Masyarakat Jahiliyah
Sumber Gambar: thehumblei.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Tema dalam bagian ini termasuk pendahuluan penting yang harus dikaji sebelum membahas lebih jauh Sirah Nabi SAW, beserta segala ketetapan, fenomena, dan hikmah yang dikandungnya. Sebab, bagian ini memuat fakta yang kerap dipalsukan oleh “musuh-musuh” Islam yang sering kali membiaskan faktanya.

Mereka mengatakan bahwa Islam bukanlah bagian dan bukan pula kelanjutan dari ajaran Al-Hanifiyah As-Samhah yang diwahyukan Allah SWT kepada Bapak Para Nabi, Ibrahim AS.

Jika kita kaji lebih jauh, maka kita akan menemukan di dalam banyak ayat Al-Qur’an tentang keterangan yang telah menegaskan hal ini, di antaranya adalah ayat berikut:

وَجَاهِدُوْا فِى اللّٰهِ حَقَّ جِهَادِهٖۗ هُوَ اجْتَبٰىكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى الدِّيْنِ مِنْ حَرَجٍۗ مِلَّةَ اَبِيْكُمْ اِبْرٰهِيْمَۗ هُوَ سَمّٰىكُمُ الْمُسْلِمِيْنَ ەۙ مِنْ قَبْلُ وَفِيْ هٰذَا لِيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ شَهِيْدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِۖ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاعْتَصِمُوْا بِاللّٰهِ ۗهُوَ مَوْلٰىكُمْۚ فَنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ࣖ ۔

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN